Berita Banjarmasin

Bersama Mahasiswa, Pelajar, Kapolda Kalsel Menanam Ribuan Pohon Mangrove di Pantai Pagatan Besar

Bersama Mahasiswa, Pelajar, Kapolda Kalsel Menanam Ribuan Pohon Mangrove di Pantai Pagatan Besar

Bersama Mahasiswa, Pelajar, Kapolda Kalsel Menanam Ribuan Pohon Mangrove di Pantai Pagatan Besar
humas polda kalsel
Bersama Mahasiswa, Pelajar, Kapolda Kalsel Menanam Ribuan Pohon Mangrove di Pantai Pagatan Besar 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BANJARMASIN - Hari Peduli Sampah Nasional, Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) dipimpin Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani melakukan penanaman mangrove bersama Forkopimda, pelajar dan mahasiswa di Pantai Pagatan Besar Kecamatan Takisung Kabupaten Tanah Laut (Tala), Jumat (21/2/2020) pagi.

Penanaman mangrove di lahan 4,5 Haktare tersebut bertemakan Polri peduli penghijauan Pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir sekaligus bersih-bersih laut, pantai, Polda Kalsel dan Bhayangkari dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional.

Kapolri Jenderal Idham Azis dalam sambutannya yang dibacakan Kapolda Kalsel Irjen. Yazid Fanani menyampaikan, giat ini dalam rangka Polri Peduli Penghijauan Pantai dan Penguatan Ekonomi Masyarakat Pesisir.

Foto Penampakan Kuburan Suami BCL, Ashraf Sinclair Kini, Wajah Bunga Citra Lestari Terlihat Begini

Selepas Anji Manji & Roger Danuarta, Sheila Marcia Kini Menikahi Dimas Akira, Ini Sosok sang Suami

Video Tiktok Berlatar Adegan Mesum Viral, Satpol PP Banjarbaru Bertindak dan Amankan Enam Remaja

“Giat penanaman Mangrove yang diikuti oleh ratusan peserta ini bertujuan untuk penghijauan dan penguatan ekonomi masyarakat,” papar Kapolda disampaikan Kabid Humas Kombes M Rifai.

Ditambahkan Kapolda, penanaman pohon Mangrove selain penghijauan dan penahan abrasi juga untuk menjaga ekosistem biota laut.

“Ini adalah salah satu bentuk kepeduluan Polri tentang penghijauan juga merupakan program pemerintah agar melaksanakan penanaman pohon Magrove di seluruh wilayah Indonesia yang berfungsi meningkatkan ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Kapolda Kalsel Irjen Yazid Fanani secara simbolis menyerahkan Pohon Mangrove dan bibit ikan kepada perwakilan yang telah ditunjuk dalam penanaman Magrove, dan penanaman Mangrove dilakukan serentak di seluruh Indonesia.

Kapolda berpesan, agar tanaman Magrove dijaga bersama sama dan penanamannya dilakukan secara berkesinambungan agar tetap terjaga.

“Harus ada tindak lanjut dari masyarakat dan peduli lingkungan tentang kelestarian Mangrove sehingga apa yang diharapkan kita dan pemerintah tercapai dengan baik,” ungkapnya.

Menurutnya, penanaman Mangrove juga untuk memberikan kesadaran akan pentingnya menjaga ekosistem pantai, utamanya vegetasi Mangrove.

Seperti diketahui, hutan Mangrove sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. antara lain, sebagai sumber oksigen, sumbar ekonomi bagi masyarakat, habitat flora fauna, pengendali bencana alam seperti erosi dan abrasi pantai, mengurai pencemaran air laut dan zat-zat racun baik kimia serta zat organik, bahkan bisa menumbuhkan garis pantai dari waktu ke waktu.

“Dengan kegiatan ini diharapkan kelestarian alam dan lingkungan pantai dapat terjaga dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir yang merupakan salah satu komponen pendukung dalam pertahanan negara,” tegas Yazid Fanani.

Kegiatan ini juga dihadiri Wakapolda Kalsel, Irwasda Polda Kalsel, Pejabat Utama Polda Kalsel, Ketua Bhayangkari Daerah Kalsel beserta Pengurus Bhayangkari Daerah Kalsel, Kadis Kelautan dan Perikanan Kalsel, Bupati Tala, Kapolres Tala, Ketua Bhayangkari Cabang Tala beserta Pengurus Bhayangkari Cabang Tala, Dandim 1009/Pelaihari, Danlanal Takisung, Forkopimda Kabupaten Tala, Kepala Desa Takisung, para Pelajar dan Mahasiswa, serta personel Polri dan ASN Polri.

(Banjarmasinpost.co.id/irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved