Berita Banjarbaru

Gelar Operasi Jaran Intan, Polres Banjarbaru Tangkap 15 Tersangka Curanmor, Sita 11 Unit Motor

Gelar Operasi Jaran Intan, Polres Banjarbaru Tangkap 15 Tersangka Curanmor, Sita 11 Unit Motor

Gelar Operasi Jaran Intan, Polres Banjarbaru Tangkap 15 Tersangka Curanmor, Sita 11 Unit Motor
istimewa/humas polres banjarbaru
Gelar Operasi Jaran Intan, Polres Banjarbaru Tangkap 15 Tersangka Curanmor, Sita 11 Unit Motor 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU – Selama 12 hari pelaksanaan Operasi Jaran Intan 2020 Sat Reskrim Polres Banjarbaru berhasil mengungkap sedikitnya 13 Laporan Pencurian kendaraan bermotor dengan 15 Tersangka yang mana empat diantaranya merupakan Target Operasi (TO).

Dari 15 orang tersangka ini 12 orang merupakan pelaku dan tiga orang lainnya sebagai penadah dan dari tangan mereka petugas berhasil mengamankan barang bukti Roda 2 sebanyak 11 unit.

“Ada yang cukup menyorot perhatian kami yaitu komplotan yang pertama berhasil kami amankan sebanyak 10 orang yang 6 orang diantaranya masih dibawah umur dan dari pengakuan mereka sudah melakukan sebanyak 10 kali pencurian diwilayah Banjarbaru, Kata Kasat Reskrim Polres Banjarbaru, AKP Aryansyah.

Selain itu, komplotan ini juga kerap membongkar toko dan bengkel yang ada dipinggir jalan di Banjarbaru.

Aksinya Terekam CCTV, Pembobol Kotak Wakaf Masjid Nurul Iman Kahayan Hilir Diringkus di Kapuas

Curi Motor Tetangga, Pemuda Ini Ditangkap Petugas Polsek Tabunganen Batola di Jembatan Barito

Pengakuan Fadel Islami Selalu Ikuti Muzdalifah Lakukan Perawatan Wajah, Ngaku Demi Ini

Foto Penampakan Kuburan Suami BCL, Ashraf Sinclair Kini, Wajah Bunga Citra Lestari Terlihat Begini

Terdata ada sebanyak enam kali yang satu diantaranya adalah pencurian motor di Indomaret yang berada di Jalan Trikora Kota Banjarbaru, terkait komplotan ini masih terus pihaknya masih mengembangkan.

Dari komplotan ini selain mengamankan 7 unit roda 2 yang 3 unit diantaranya digunakan pelaku sebagai sarana, pihaknya juga menyita Kunci T yang digunakan mereka untuk melancarkan aksinya.

"Kami juga turut mengamankan barang bukti lainnya seperti kompresor, laptop, camera, printer, CPU, monitor merk LG, berbagai jenis rokok yang mana itu merupakan hasil kejahatan saat bongkar toko, bengkel dan Indomaret”, terangnya.

Kapolres Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso, S.I.K., M.H melalui Kasubbaghumas AKP Siti Rohayati, S.Ap, Jumat (21/2/2020) menjelaskan bahwa dalam pelaksanaan Operasi Jaran Intan 2020 ini Polres Banjarbaru berhasil memenuhi target.

“Untuk komplotan yang pelakunya masih dibawah umur bahkan ada yang masih berstatus pelajar ini tentu harus menjadi perhatian kita bersama baik pihak orang tua / keluarga serta pihak sekolah untuk bersama mengawasi pergaulan anak – anak agar tidak salah dalam bergaul sehingga tidak terjerumus kedalam perilaku-perilaku menyimpang hingga suatu tindak pidana, pungkas Siti.

Sepeda motor yang disita petugas dari selama operasi jaran intan.
Sepeda motor yang disita petugas dari selama operasi jaran intan. (istimewa/humas polres banjarbaru)

Untuk modus para pelaku ada yang menggunakan Kunci T dan ada juga yang memanfaatkan kelengahan pemiliknya yang tidak mengunci stang motornya, kini pelaku beserta barang bukti telah kami lakukan proses hukum dan dijerat dengan Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 9 Tahun penjara slain itu untuk para penadah barang curian kami jerat dengan pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman paling lama 4 Tahun penjara. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved