Berita Tanahlaut

Usulan Irigasi Perpompaan Direspon, Begini Reaksi Peternak di Takisung Tanahlaut

Usulan Irigasi Perpompaan Direspon, Begini Reaksi Peternak di Takisung Tanahlaut

Usulan Irigasi Perpompaan Direspon, Begini Reaksi Peternak di Takisung Tanahlaut
istimewa/disbunak kalsel
Petugas Seksi Prasarana dan Sarana Peternakan, meninjau kesiapan lokasi irigasi perpompaan yang berada di Kabupaten Tanah Laut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Provinsi Kalsel, melalui Seksi Prasarana dan Sarana Peternakan, meninjau kesiapan lokasi irigasi perpompaan yang berada di Kabupaten Tanah Laut.

Peninjauan ini dilakukan sebagai respon atas usulan kelompok tani mengenai bantuan irigasi perpompaan untuk memenuhi ketersediaan hijauan pakan ternak di wilayahnya.

Ada 2 lokasi yang ditinjau dalam giat kali ini. Yaitu Kelompok Tani Kayuh Baimbai di Kecamatan Takisung, dan Kelompok Tani Tunggal Jaya Bersama di Kecamatan Panyipatan.

Kepala Seksi Prasarana dan Sarana Peternakan (PSP), Sri Armyati. Jumat (21/2/2020) mejelaskan, untuk lokasi yang ditinjau sudah memenuhi kriteria yang diinginkan. Yaitu adanya sumber mata air permukaan berupa embung, yang lokasinya berdekatan dengan lahan rumput.

PETAKA Susur Sungai, Korban Tewas Pramuka SMPN 1 Turi Sleman Bertambah Jadi 6 Orang Dan 5 Dicari

Terekam CCTV, Bocah 7 Tahun Diculik Emak-emak dan Ditemukan Jadi Mayat, Ini Kata Penyesalan Orangtua

Sentilan Feni Rose Lihat Penampilan Syahrini di Tahlilan Ashraf Sinclair, Istri Reino Bikin Salfok

Ucapan Ngena Bunga Citra Lestari ke Baim Wong Soal Kepergian Ashraf Sinclair, BCL Singgung Hal Ini

"Untuk lokasi sudah sesuai, selanjutnya kita akan cek kelengkapan administrasinya. Kalau sudah lengkap semua, kita bisa langsung kerjakan," jelas Sri.

Merespon hal tersebut, Sunardi, anggota kelompok Tunggal Jaya Mandiri mengaku senang atas gerak cepat pemerintah daerah dalam merespon permintaan peternak.

Selama ini kelompoknya sudah menjalin kerjasama dengan PT. Arutmin untuk penyediaan pakan ternak vermentasi, dengan kontrak perbulan 2 ton setengah seharga Rp. 2000/kg.

Namun, terkadang kelompok ini masih kesulitan dalam memenuhi permintaan tersebut.

"Alhamdulillah, kami senang sekali karena permintaan bantuan irigasi perpompaan yang kami ajukan telah terpenuhi. Kendala selama ini yang kami hadapi adalah ketersediaan pakan ternak, karena pakan yang tersedia saat ini masih berupa pakan vermentasi," kata Sunardi.

la berharap dengan adanya bantuan irigasi perpompaan ini, dapat mengembangkan hijauan pakan ternak, sehingga dapat memenuhi kuota permintaan pakan ternak yang ada.

Kapal Super Mewah Diamond Princess Diduga Jadi Pusat Penyebaran Baru Virus Corona, Kalahkan Wuhan

Dari Video Tiktok Viral Ada Penampakan Mesum, Dua Remaja Banjarbaru Diduga Mucikari Diamankan

Selepas Anji Manji & Roger Danuarta, Sheila Marcia Kini Menikahi Dimas Akira, Ini Sosok sang Suami

Pemanfaatan irigasi perpompaan dalam mengembangkan hijauan pakan ternak memang sudah tidak diragukan lagi.

Hal ini sejalan dengan komitmen Gubernur Kalimantan Selatan dalam menjadikan Kalsel berswasembada daging. Salah satunya adalah dengan menjamin ketersediaan hijauan pakan ternak di Kalsel. (banjarmasinpost.co.id/nurholis huda)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved