Tajuk

Ada Gubernur Rasa Presiden di Kalimantan

PERNYATAAN mengejutkan diucap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Dia melaporkan ke Presiden Jokowi

Ada Gubernur Rasa Presiden di Kalimantan
(KOMPAS.com/RAKHMAT NUR HAKIM)
Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia laporkan ada gubernur rasa presiden di Kalimantan 

BANJARMASINPOST.CO.ID - PERNYATAAN mengejutkan diucap Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. Dia melaporkan ke Presiden Jokowi bahwa ada satu gubernur di Kalimantan yang merasa seperti presiden.

Pernyatataan Gubernur Rasa Presiden dari Bahlil Lahadalia ini muncul lantaran perilaku kepala daerah yang menghambat investasi di daerah. Padahal lembaga yang dia pimpin sudah mendapatkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2019 tentang Percepatan Kemudahan Berusaha.

Pun terhadap bupati dan wali kota, diharapkan bisa menyatukan arah kebijakan dengan pemerintah pusat. “Begitupun bupati. Kita harus satu, imam kita satu, presiden kita cuma satu, namanya Joko Widodo. Alhamdulillah insyaallah dalam waktu ini kita akan clear-kan. Saya juga tahu bupati/wali kota mana yang belum mau kasih izin-izinnya,” tambahnya.

Sayangnya, Bahlil Lahadalia enggan membuka identitasnya kepala daerah atau gubernur di Kalimantan yang dimaksudnya. Saat itu Bahlil hanya menjelaskan bahwa ulah gubernur tersebut membuat proses perizinan investasi menjadi lambat. Izin usaha yang terdampak dari ulah gubernur itu dari sektor perkebunan hingga tambang. Namun usaha di sektor tersebut ada di seluruh wilayah Kalimantan.

Banjarmasin Post edisi Sabtu (22/2/2020).
Banjarmasin Post edisi Sabtu (22/2/2020). (Dok Banjarmasinpost.co.id)

Tak pelak pernyataan Bahlil tersebut membuat bola panas mengelinding kencang. Terlebih mengenai siapa sosok gubernur yang disebut seperti presiden tersebut.

Diketahui di Kalimantan ada lima provinsi yang dipimpin oleh lima gubernur. Rinciannya adalah Kalimantan Barat dipimpin Sutarmidji, Kalimantan Tengah dipimpin Sugianto Sabran, Kalimantan Selatan dipimpin H Sahbirin Noor, Kalimantan Timur dipimpin Isran Noor dan Kalimantan Utara dipimpin Irianto Lambrie.

Baiknya, Kepala BKPM secara gamblang membuka identitas siapa gubernur yang disebutnya memiliki rasa seperti presiden. Jika memang ada kepala daerah yang tak menjalankan aturan sebagaimana Instruksi Presiden (Inpres), itu bisa dianggap sebagai bentuk pelanggaran serius.

Artinya, Presiden Jokowi bisa mengambil langkah tegas terhadap gubernur yang dimaksud. Harapannya, hal itu tak terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga. (*)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved