Objek Wisata Kalsel

Ada Plaza Jokowi, Segini Tarif Murah Meriah Wisata ke Tahura Sultan Adam Mandiangin Kabupaten Banjar

Wisata ke Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Mandiangin di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalamantan Selatan, terbilang murah m

BANJARMASINPOSTGROUP/NIAKURNIAWAN
PUNCAK Tahura Sultan Adam Mandiangin di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalamantan Selatan. 

Ada Plaza Jokowi segini Tarif murah meriah wisata ke Tahura Sultan Adam Mandiangin

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Wisata ke Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Adam Mandiangin di Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Provinsi Kalamantan Selatan, terbilang murah meriah.

Sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 04 Tahun 2018 tiket masuk ekowisata Tahura SA mandiangin sebagai berikut:

Tiket dewasa 10.000 per orang, sepeda motor Rp 10.000, mobil Rp 25.000, asuransi Rp 1000 per orang . Untuk 1 sepeda motor 2 orang total Rp 32.000.

Hasil dari penerimaan 100 persen disetorkan ke kas daerah.

Berdasarkan peta rencana tata ruang provinsi wilayah Kalimantan Selatan tahun 2009 yang juga tercantum dalam peta lampiran SK Menhut Nomor 435/Menhut-II/2009 tentang Penunjukan Kawasan Hutan di Provinsi Kalimantan Selatan, Tahura Sultan Adam mempunyai luas kurang lebih 109.845 hektare daratan dan perairan yang di danau Riam Kanan kurang lebih 5336 hektare.

Taman Hutan Raya Sultan Adam memiliki konfigurasi lapangan yang landai dan datar serta bergelombang agak curam sampai sangat curam dan dan bergunung-gunung dengan ketinggian antara 63 sampai 1373 meter di atas permukaan laut.

Alam Eksotis Kalimantan Menikmati Pesona Eco Wisata Tahura Mandiangin Kabupaten Banjar

VIDEO Dua Bakal Pasangan Calon Serahkan Berkas ke KPU Kota Banjarmasin

Pembina Pramuka di SDN Rantau Kanan 1 Senang Anak Asuhnya Dilibatkan Upacara Gelar Senja Tiap Bulan

VIDEO Pasangan Edy dan Astina Optimis Maju Jalur Independen di Kota Banjarbaru

Raffi Ahmad & Nagita Slavina Datangi Kakak Ayu Ting Ting Setiba di Indonesia, Ini yang Dilakukan

Tahura Sultan Adam khususnya Ekowisata Mandiangin sudah dikunjungi pejabat negara.

Di antaranya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, lalu Menteri Pariwisata RI yang berkunjung ke Ekowisata Tahura Sultan Adam Mandiangin.

Beberapa waktu lalu, Juli 2019, juga telah dibangun ruang terbuka serbaguna yang disebut Plaza Jokowi di kawasan Tahura.

Plaza Jokowi dibangun di daerah dataran tinggi kawasan Tahura Sultan, berdekatan dengan lokasi bersejarah, Benteng dan Kolam Pemandian peninggalan Belanda.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya Bakar, saat itu meletakkan batu pertama pembangunan Plaza Jokowi di Taman Hutan Rakyat (Tahura) Sultan Adam, Kalimantan Selatan.

Plaza tersebut dibangun untuk meningkatkan ekonomi rakyat di sekitar kawasan hutan. Menurut Menteri Siti, pembangunan Plaza Jokowi ini persis di lokasi saat Presiden Joko Widodo menanam pohon pada 2015.

Pembangunan Plaza Jokowi, tambah Siti, merupakan upaya Pemprov Kalsel untuk mengefektifkan pengembangan kawasan hutan secara lestari sekaligus pusat pertumbuhan ekonomi daerah. (Banjarmasinpost.co.id/Niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved