Berita Kalteng

Bangganya Petani dari Kapuas ini Jadi Pembicara di Hadapan 400 Lebih Prajurit TNI

Bangganya Petani dari Kapuas ini Jadi Pembicara di Hadapan 400 Lebih Prajurit TNI

Bangganya Petani dari Kapuas ini Jadi Pembicara di Hadapan 400 Lebih Prajurit TNI
Foto (Korem 102/Pjg)
Ketua Kelompok Tani Kalampan Jaya, Yanir, jadi pemateri pada kegiatan Latihan Dalam Satuan (LDS), Pembekalan Teritorial yang diadakan Korem 102/Pjg di Palangkaraya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Rasa bangga diungkapkan Yanir, seorang petani asal Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah (Kalteng).

Setelah beberapa waktu lalu ia didapuk menjadi narasumber atau pembicara di hadapan 403 prajurit TNI se-kalimantan Tengah (Kalteng).

Ketua Kelompok Tani (Poktan) Kalampan Jaya itu menyampaikan materi tentang pengelolaan pertanian ramah lingkungan dan Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) yang memang menjadi inovasinya di Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat.

"Tentu ada rasa bangga yang luar biasa, saya yang hanya seorang petani, dipercaya menjadi pembicara saat kegiatan Latihan Dalam Satuan (LDS), Pembekalan Teritorial yang diadakan Korem 102/Panju Panjung (Pjg)," ungkapnya, Selasa (25/2/2020).

Persiapan Jelang Haul ke-15 Guru Sekumpul, Water Canon Disulap Jadi Tempat Wudhu di Tempat ini

Pengaruh Betrand Peto ke Thalia buat Ruben Onsu Menangis, Suami Sarwendah Singgung Perpisahan

Foto Masa Lalu Sule Bersama Lina Diunggah Rizky Febian, Kakak Putri Delina Ungkap Kerinduan

Dilanjutkannya, saat kegiatan yang dilangsungkan di Asrama Haji Al Mabrur Kota Palangkaraya itu, diikuti 403 orang personel baru yang masuk Korem 102/Pjg.

Dimana ratusan prajurit itu nantinya akan di tempatkan kekesatuan teritorial, Kodim-Kodim jajaran Korem 102/Pjg.

"Selain bangga, saya tentu berterimakasih, karena materi pengelolaan pertanian ramah lingkungan dan Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) yang kami kerjakan di tempat kami, nantinya bisa disebar ke seluruh daerah di Kalimantan Tengah (Kalteng) ini melalui para prajurit TNI yang akan disebar penempatannya ke desa-desa sebagai Babinsa," tandasnya.

Yanir pun mengungkapkan, saat menyampaikan materi pengelolaan pertanian ramah lingkungan dan Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB) selama beberapa jam, tentunya tidak cukup.

"Namun saya berharap itu bisa bermanfaat, karena juga mendukung dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Saya pun terbuka, jika ada yang ingin melihat pertanian ramah lingkungan dan praktek langsung untuk pengolahan lahan tanpa bakar, bisa datang ke tempat kami di Desa Anjir Kalampan, Kecamatan Kapuas Barat," tambahnya.

Segala prestasi Kelompok Tani Kalampan Jaya, memang sudah banyak diketahui publik. Baik itu inovasi Pengolahan Lahan Tanpa Bakar (PLTB), hingga pertanian holtikultura tanpa bahan kimia ramah lingkungan yang dijalankan.

Halaman
12
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved