Breaking News:

SMPTN 2020

Pendaftaran SNMPTN 2020 Dua Hari Lagi, Agar Tidak Salah Pelajari 6 Tips Pilih PTN dan Prodi

Kesempatan untuk Pendaftaran SNMPTN 2020 saat ini hanya tersisa dua hari saja. Pendaftaran SNMPTN pun akan ditutup 27 Februari 2020 pukul 23.50 WIB.

Editor: Hari Widodo
banjarmasin post group/ achmad maudhody
Sosialisasi SNMPTN, SBMPTN dan UTBK ULM kepada Kepsek SMA, SMK dan MA Se-Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kesempatan untuk Pendaftaran SNMPTN 2020 saat ini hanya tersisa dua hari saja. Pendaftaran SNMPTN pun akan ditutup 27 Februari 2020 pukul 23.50 WIB.

 Namun khusus calon mahasiswa keluarga tidak mampu yang membutuhkan KIP Kuliah, akan diberikan perpanjangan waktu.

Perpanjangan waktu SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi) akan diberikan mengikuti waktu pendaftaran KIP Kuliah, yaitu mulai tanggal 2 sampai 31 Maret 2020.

Hal ini disampaikan Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Prof.Mohammad Nasih melalui rilis resmi Kemendikbud (24/2/2020).

Alasan Bunga Citra Lestari (BCL) Tampil di Konser Ronan Keating Usai Ashraf Sinclair Meninggal

Pengaruh Betrand Peto ke Thalia buat Ruben Onsu Menangis, Suami Sarwendah Singgung Perpisahan

Penampakan Sikat Gigi Syahrini yang Harganya Bikin Heboh, Istri Reino Barack Kembali Jadi Perhatian

Pilkada Kalteng 2020, Sugianto-Habib Tetap Berpasangan, Petahana Yakin Diusung PDIP dan PKB

Prof. Nasih menjelaskan bagi calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang sama sekali belum memiliki KIP tetap dapat melakukan pendaftaran SNMPTN hingga pengisian program studi dan pilihan universitas.

Namun, diharapkan tidak melakukan finalisasi terlebih dulu sebelum mendaftar pada laman KIP Kuliah.

Agar tidak salah saat mendaftar SNMPTN 2020, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud melalui akun resmi instagram @ditjen.dikti memberikan tips dan trik acuan dalam memilih PTN dan prodi:

1. Pilih jurusan dengan tepat

Pertimbangan pemilihan jurusan yang tepat dapat dilakukan dengan mengikuti minat dan bakat yang kamu miliki. Minat dan bakat akan membuat kamu akan terus memiliki "energi" menghadapi tantangan apapun yang harus jalani saat menjalani pilihan program studimu nantinya.

2. Ketahui nilai rapormu

Bersikaplah realistis. Pahami kekuatan dan kelemahan yang kamu miliki berdasarkan nilai rapormu. Jangan sampai memaksakan diri memilih prodi hanya karena "suka" namun kamu akan mengalami kesulitan dalam mengikuti mata kuliah yang tidak kamu kuasai.

3. Cari tahu sainganmu

Memilih prodi saintek atau soshum, sebaiknya kamu mencari tahu tingkat persaingan prodi yang kamu pilih. Jangan sampai kamu memilih jurusan yang menumpuk peminatnya. Namun, kalau kamu merasa yakin mampu untuk bersaing, jalani dan terus berjuang!

4. Pelajari relasi sekolah

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved