Berita Kabupaten Banjar

VIDEO Bak Arena Offroad, Begini Kondisi Jalan Menuju Pedalaman Kecamatan Parasamasan

Bak Arena Offroad, Begini Kondisi Jalan Menuju Pedalaman Kecamatan Prasamasan

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Akses badan jalan menuju hulu di wilayah Kecamatan Paramasan, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), masih terbatas. Di beberapa tempat kondisinya bahkan bak arena offroad.

Hal itu antara lain terdapat di jalan poros di sekitar perbatasan antara Desa Belimbinglama di Kecamatan Sungaipinang dan Desa Angkipih di Kecamatan Paramasan. Badan jalan setempat berupa tanah merah yang menjadi teramat licin dan lengket pascahujan.

"Waduh parah banget kondisi jalan menuju perkampungan di Angkipih. Armada yang kami naiki beberapa kali terjebak di area yang berlubang dan berlumpur," ucap Mahrani Ahmad, mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Banjarmasin, Selasa (25/2/2020).

Bersama rombongan, Mahrani menuju Angkipih pada Kamis (20/2/2020) kemarin. Ia menjalani kuliah kerja nyata (KKN) di desa terpencil tersebut. Berangkat dari Banjarmasin selepas waktu subuh dan tiba di lokasi pukul 13.00 Wita. Banyak waktu yang tersita saat menapaki jalan yang rusak tersebut.

VIDEO Polda Kalsel Menggelar Apel Gelar Pasukan Pengamanan Persiapan Haul Guru Sekumpul 2020

Video Dishub HSS Siapkan Dua Jalur Alternatif Bagi Jemaah Haul Guru Sekumpul

VIDEO Melihat Air Mancur Warna-warni Menari di Taman Kamboja Banjarmasin

Ia menuturkan kondisi jalan tersebut sangat mengganggu aktivitas warga di beberapa desa di Kecamatan Paramasan. Termasuk warga dari Desa Paramasanatas yang jaraknya sekitar 22 kilometer dari Angkipih. Sebagian warga setempat juga kerap melintasi jalan di Angkipih tersebut ketetika bepergian ke luar kampung seperti saat hendak ke Kota Martapura.

"Tentu hal itu berdampak terhadap perekonomian warga karena ketika musim penghujan praktis kesulitan bepergian ke luar kampung. Kami berharap pemerintah segera memperbaiki jalan vital itu," cetus Mahrani.

Pasalnya badan jalan tersebut tak cuma licin dan lengket. Lebih dari itu juga cukup rawan terjadi kecelakaan lalu lintas mengingat berada pada kondisi turunan dan tanjakan serta menikung. Jika tak waspada kendaraan yang dinaiki bisa tergelincir dan terbalik.

Terpisah, polisi kehutanan (polhut) KPH Kayutangi Kalsel yang bertugas di Kecamatan Paramasan, Agus Makhfudz menuturkan kondisi jalan yang rusak tersebut masuk wilayah Desa Angkipih. Bentang jaraknya sekitar setengah kilometer.

"Memang ada beberapa titik yang berlubang dan berlumpur. Licin dan lengket di ban kendaraan, memang lumayan sukar dilintasi apalagi di lokasi turunan dan tanjakan. Itu posisinya sekitar dua kilometer dari pusat desa," sebutnya.

Dikatakannya, area jalan tersebut baru saja dibenahi pemeirntah desa setempat antara lain ditinggikan menggunakan tanah merah dan dibikinkan parit di kanan kiri. Sebelumnya kondisinya lebih parah.

"Itu sebenarnya jalan alternatif. Namun sekarang menjadi jalan utama karena jalan utama yakni melintasi jalan di Desa Belimbinganbaru saat ini kondisinya rusak dan lebih sulit dilintasi," sebut Agus.

Bagaimana jalan menuju Desa Paramasanatas? "Nah sekarang ke Paramasanatas sudah lebih nyaman dibanding sebelumnya. Jalannya sudah dihampar bebatuan, telah didozer dan sudah sampai air terjun Mandin Mangapan, sejauh sekitar 1,5 kilometer. Lalu sekitar 500 meter dicor semen," bebernya.

Namun masih ada empat titik yang mesti diwaspadai saat musim penghujan karena empat sungai kecil setempat yang dilintasi kerap terendam hingga kedalaman tiga meter. "Namun tak lama, cuma sekitar dua jam sudah surut. Kalau sepeda motor masih ada jembatan kecil," sebutnya.

Bupati Banjar H Khalilurrahman beberapa waktu lalu mengatakan infrastruktur di pedalaman menjadi perhatian serius pemerintahannya. Namun penanganannya dilakukan secara bertahap merujuk skala prioritas yang ditegapkan dalam musrenbang dan disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved