Berita Balangan

VIDEO Warga Sumber Rejeki, Balangan Kini Terakomodir Sambungan Rumah untuk Jaringan Air PDAM

Warga Sumber Rejeki, Balangan Kini Terakomodir Sambungan Rumah untuk Jaringan Air PDAM

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Setelah sekian tahun sulit mendapatkan air bersih, Desa Sumber Rejeki, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalsel akhirnya mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Balangan. Mereka diberikan fasilitas Sambungan Rumah (SR) untuk aliran air dari PDAM Balangan.

Ungkapan syukur pun disampaikan oleh Kepala Desa Sumber Rejeki, Joko Setyono. Ia berterima kasih atas program Pemkab Balangan melalui CSR dan Dinas PUPR Kabupaten Balangan akan adanya SR tersebut.

"Kalau bicarakan kesulitan air bersih, saat musim kemarau, kami setiap hari melangsir sampai jam 12 malam dan jaraknya kurang lebih dua kilometer dari sini," ucap Joko, Selasa (25/2/2020).

Secara mandiri, warga mengambil air untuk memenuhi kebutuhan mereka pada penggunaan air bersih. Meski ada Pamsimas di desa, namun debit air tidak mencukupi untuk masyarakat Sumber Rejeki.

VIDEO BEI KP Kalsel Targetkan Tambahan 6.000 Investor, Kota Banjarmasin Penyumbang Terbanyak

VIDEO Jelang Haul Guru Sekumpul, Ratusan Pohon di Kawasan Jalan A Yani Banjarbaru Dipangkas

VIDEO Anita Salah Jadwal Tes CPNS, BKPP Tabalong Bakal Evaluasi Pelaksanaan Tes SKD

Lantas, adanya sambungan rumah yang membuat mudahnya mendapatkan air bersih, warga pun ujar Joko merasa senang. Mereka bersyukur atas perhatian yang diberikan pemerintah kepada masyarakat desa.

Tak habis disitu, Desa Sumber Rejeki menjadi satu desa yang dua kali mendapatkan program pemasangan SR gratis tersebut. Adanya pemasangan kali ini membuat semua rumah terakomodir jaringan PDAM.

Pada program pemasangan saluran perpipaan hingga SR ada 345 rumah yang terakomodir. Program tersebut dibantu pendanaan dari APBD dan CSR.

Bupati Balangan, Ansharuddin didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Balangan, Tuhalus, Direktur PDAM Balangan, Suryadi, Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi dan Kapolres Balangan, AKBP Nur Khamid yang diwakili oleh Kapolsek Juai, Ipda Faisal Kadapi meresmikan SR untuk warga Desa Sumber Rejeki, Selasa (25/2/2020).

Peresmian di gelar di halaman masjid Desa Sumber Rejeki sekaligus syukuran akan pemasangan jaringan perpipaan tersebut.

Bupati Balangan, Ansharuddin menerangkan, program pemasangan SR untuk Desa Sumber Rejeki memang sudah direncanakan dan ditargetkan sejak lama. Sehingga secara bertahap pihaknya mulai menjalankan program tersebut dan terpenuhi pada 2020 ini.

"Air bersih disini memang susah didapat. Jadi saya berupaya maksimal untuk melaksanakan program menyalurkan pipa dan kemudian saluran rumah untuk aliran PDAM," ucap Ansharuddin.

Alhasil, berkat adanya negosiasi dengan CSR PT Adaro Indonesia, dana senilai Rp 1,5 M pun didapat. Anggaran tersebut dimanfaatkan untuk melakukan pemasangan SR pada 435 rumah di Desa Sumber Rejeki.

Adanya pemasangan SR, orang nomor satu di Balangan ini berharap agar masyarakat memanfaatkan secara baik dan menggunaan air sesuai kebutuhan. Ia juga mengimbau agar ke depan, masyarakat juga taat dalam pembayaran tagihan PDAM.

(banjarmasinpost.co.id /Isty Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved