Rajab 2020

Rajab 1441 H - Video Penjelasan Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat & Buya Yahya Soal Puasa Rajab

Rajab 1441 H - Video Penjelasan Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat & Buya Yahya Soal Puasa Rajab

BANJARMASINPOST.CO.ID - Memasuki hari kedua Bulan Rajab 1441 H, Hari Ini, Rabu (26/2/2020). Kontroversi mengenai Puasa Rajab masih jadi perdebatan. Berikut video penjelasan Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat dan Buya Yahya.

Puasa Rajab memang identik dengan Bulan Rajab. Walaupun tak wajib, namun ada yang melaksanakan puasa. Dalam format video, Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat dan Buya Yahya menjelaskan segala hal terkait Puasa ini.

Nah, Puasa Rajab bisa dilakukan mulai dari tanggal 1 hingga 10 bulan ke-7 Hijriah ini. Hari pertama Bulan Rajab 1441 H akan jatuh pada Selasa (25/2/2020) ini.

Bulan Rajab adalah bulan kedelapan dalam penanggalan Qamariyah atau Hijriyah.  Cek video penjelasan Ustadz Abdul Somad, Ustadz Adi Hidayat dan Buya Yahya menjelaskan segala hal terkait Puasa ini.

Bacaan Niat Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Rajab, Ini Keutamaan Bagi yang Melaksanakannya

2 Doa Buka Puasa Rajab 1441 H, Simak Juga Keistimewaan Ibadah Bulan Rajab yang Memasuki Hari Ke-2

Hitungan tahun Qamariah mengacu kepada perhitungan Bulan.

Namun akhir-akhir ini muncul kontraversi Puasa Rajab. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan Buya Yahya Al Bahjah berikut seperti yang dimuat dalam akun instagramnya.

BENARKAH PUASA RAJAB ITU BID’AH?

Pertanyaan: Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Buya, saya pernah mendengar sebagian orang, mereka berkata kalau puasa di bulan Rajab itu bid’ah. Apakah benar seperti itu Buya? mohon penjelasannya.

Jawaban:
Wa’alaikumussalam Wr. Wb.
Bulan Rajab adalah Bulan Haram yang dimuliakan Allah SWT. Puasa adalah sebaik-baik ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Kapan saja, kecuali 5 hari yang dilarang. Hari - hari yang dilarang adalah 2 hari Raya dan 3 hari Tasyrik. Selain dari itu secara umum disunnahkan kita memperbanyak puasa.
Adapun bulan Rajab adalah bulan mulia yang juga boleh kita berpuasa di dalamnya bahkan sangat dianjurkan seperti disebutkan dalam hadits shahih riwayat Abu Daud juz 2 hal. 322, petunjuk Rasulullah SAW untuk Abi Mujibah Al- Bahili seorang yang sangat rajin berpuasa agar berpuasa di bulan haram dengan sabdanya (yang artinya): “Berpuasalah di bulan haram.” Ringkasnya, puasa di bulan Rajab adalah sangat dianjurkan dan ini adalah yang dikukuhkan oleh para ulama 4 Madzhab.

Adapun hadits-hadits tentang keutamaan puasa bulan Rajab yang sering dibawa oleh sebagian orang, banyak hadits- hadits palsu yang tidak boleh dihadirkan.
Kesimpulannya puasa bulan Rajab bukanlah bid’ah, akan tetapi sunnah. Justru yang membid’ahkan itulah ahli bid’ah.

Halaman
1234
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved