Berita Nasional

Rp 2,83 Juta, Rp 3,68 Juta dan Rp 4,59 Juta Per Bulan, Gaji Rata-rata Pekerja RI Sesuai Pendidikan

Rp 2,83 Juta, Rp 3,68 Juta dan Rp 4,59 Juta Per Bulan merupakan Gaji Rata-rata Pekerja RI Berdasarkan jenjang Pendidikan

Rp 2,83 Juta, Rp 3,68 Juta dan Rp 4,59 Juta Per Bulan, Gaji Rata-rata Pekerja RI Sesuai Pendidikan
banjarmasinpost.co.id/acm
Politeknik Hasnur Gelar Wisuda VII Luluskan 53 Wisudawan Tahun Akademik 201822019 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis rata-rata upah bulanan atau gaji di seluruh Indonesia sebesar Rp 2,83 juta per bulan.

Dalam laporan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) publikasi BPS Desember 2019, upah bulanan tersebut terbagi sesuai dengan pendidikan pekerja yang disurvei.

Semakin tinggi tingkat pendidikan yang dimiliki, semakin besar pula upah yang diterima pegawai.

Menurut BPS, lulusan universitas atau minimal sarjana memperoleh upah bulanan rata-rata sebesar Rp 4,59 juta. Kemudian upah pendidikan diploma sebesar Rp 3,68 juta.

Bocah 8 Tahun Ini Meronta Kesakitan, Sang Ayah yang Asyik Menggaulinya Makin Ganas Lalu Mengancam

Sebut Dirinya Polisi, 4 Pria Ini Seret dan Pukuli Siswa Lagi Belajar dalam Kelas di SMK 2 di Gowa

LOWONGAN Kerja - Terbaru dari PT KAI untuk Lulusan SLTA, D3 dan S1/D4, Catat Tanggal & Lokasinya

Hasil Napoli Vs Barcelona Liga Champions, Laga Diwarnai Kartu Merah Arturo Vidal, Hasil Imbang 1-1

Di level sekolah menengah, BPS mencatat upah untuk lulusan SMK sebesar Rp 2,75 juta dan SMA sebesar Rp 2,73 juta per bulannya. Sementara untuk jebolan SMP, upah bulanan rata-rata di Indonesia sebesar Rp 2,01 juta.

Untuk pekerja tamatan SD upah rata-ratannya sebesar Rp 1,79 juta. BPS juga mencatat upah rata-rata sebulan untuk pekerja yang tak tamat SD yakni Rp 1,54 juta, kemudian upah bagi buruh yang sama sekali tak mengenyam bangku sekolah sebesar Rp 1,17 juta.

Provinsi DKI Jakarta tercatat memiliki rata-rata upah sebulan tertinggi yakni sebesar Rp 4,42 juta. Kemudian daerah dengan rata-rata upah terendah yaitu Sulawesi Barat sebesar Rp 1,96 juta.

Kemudian BPS juga menggolongkan upah berdasarkan lapangan kerja utama. Posisi tertinggi pekerja dengan upah tertinggi yakni mereka yang berprofesi di sektor pertambangan dan penggalian sebesar Rp 4,64 juta.

Lalu, upah pekerja di sektor jasa lain dirangkum BPS sebagai penerima upah paling rendah yaitu sebesar Rp 1,63 juta. Penggolongan penerima upah juga didasarkan pada jenis pekerjaan utama.

Dimana tenaga kepemimpinan dan ketatapelaksanaan jadi profesi dengan rata-rata upah tertinggi sebesar Rp 6,54 juta.

Seterusnya, yakni golongan tenaga kerja pertanian, kehutanan, perburuan, dan perikanan yang upah rata-rata nasionalnya sebagai menempati posisi paling rendah yaitu sebesar Rp 1,17 juta per bulan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gaji Rata-rata Pekerja RI Berdasarkan Jenjang Pendidikan, SD sampai S1",

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved