Berita Kabupaten Banjar

Tempa Kemandirian Andikpas, Upaya Ini yang Dilakukan LPKA Martapura Kabupaten Banjar

Anak didik pemasyarakatan (andikpas) yang menghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, Kalimantan Selatan

Tempa Kemandirian Andikpas, Upaya Ini yang Dilakukan LPKA Martapura Kabupaten Banjar
Robbyanoor untuk Banjarmasinpost.co.id
Suasana pembukaan kegiatan pelatihan keterampilan bagi andikpas di LPKA Martapura, Selasa (25/2). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Anak didik pemasyarakatan (andikpas) yang menghuni Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura, Kalimantan Selatan (Kalsel), tak hanya menjalani kegiatan pembinaan moral/mental maupun pendidikan.

Lebih dari itu mereka juga menjalani kegiatan keterampilan. Di antaranya diajari cara bercocok tanam, belajar mengoperasikan komputer dan lainnya.

Bahkan sejak Selasa (25/2/2020), andikpas LPKA Martapura mulai menjalani penempaan keterampilan tersebut. "Sebanyak 60 orang andikpas yang mengikuti kegiatan itu," ucap Kepala LPKA Kelas I Martapura Rudi Sarjono melalui Kasubsi Klasifikasi merangkap Humas Robbyanoor, Rabu (26/2/2020).

LOWONGAN Kerja - Terbaru dari PT KAI untuk Lulusan SLTA, D3 dan S1/D4, Catat Tanggal & Lokasinya

Hasil Napoli Vs Barcelona Liga Champions, Laga Diwarnai Kartu Merah Arturo Vidal, Hasil Imbang 1-1

Hasil Napoli Vs Barcelona Liga Champions - El Barca Seri Setelah Lionel Messi Gocek Pemain Napoli

Acara pembukaan kegiatan keterampilan itu bertempat di Gedung Aula Serba Guna Dr Sahardjo di lingkungan LPKA setempat di Jalan Pintu Air, Martapura.

Kegiatan itu digelar bekerjasama dengan PKBI Kalsel, Fakultas Teknologi Informasi UNISKA, Balai Pelatihan Tanaman Pangan Hortikultura Provinsi Kalsel, dan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar.

Pembukaan kegiatan dihadiri Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Alfi Zahrin Kiemas. Hadir juga Kalapas Perempuan Martapura Yunengsih dan Kalapas Khusus Narkotika Karangintan Sugito.

Kepala LPKA Martapura Rudi Sarjono mengatakan program pelatihan keterampilan tersebut menjadi bekal bagi para Andikpas agar memiliki keterampilan yang akan berdaya guna saat keluar lembaga nanti.

Diharapkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh dapat dimanfaatkan serta dikembangkan sebaik mungkin sehingga kelak dapat hidup secara mandiri.

Bidang kegiatan keterampilan tersebut difokuskan untuk semua andikpas berdasar minat dan bakat masing-masing. Di antaranya ada yang belakar keterampilan pada bidang pelatihan komputer office, bercocok tanam, perkebunan serta motivasi diri.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved