Haul Guru Sekumpul

1.000 Tumbler Bakal Dibagikan pada Jemaah Haul Sekumpul Kabupaten Banjar, Catat Ini Lokasinya!

1.000 Tumbler Bakal Dibagikan pada Jemaah Haul Sekumpul Kabupaten Banjar, Catat Ini Lokasinya!

1.000 Tumbler Bakal Dibagikan pada Jemaah Haul Sekumpul Kabupaten Banjar, Catat Ini Lokasinya!
Zai untuk banjarmasinpost.co.id
Kadis DLH Kabupaten Banjar Boyke W Triestiyanto (kedua kiri) semringah menerima tumbler dari pejabat Pemprov Kalsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Guna meminiMalisasi membeludaknya sampah pascahul, Pemkab Banjar melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kembali mengimbau jemaah haul membawa botol minuman (tumbler). Pada hari 'H' haul sedikitnya seribu botol minuman juga akan dibagikan kepada para jemaah.

Tumbler tersebut bantuan dari Pemprov Kalsel dan telah diserahkan kepada Pemkab Banjar melalui DLH pada aksi bersih-bersih di RTH Demang Lehman, Rabu (26/2). "Pada puncak haul nanti dibagikan kepada jemaah, sebelumnya telah diisi dulu dengan air minum," ucap Kepala DLH Banjar Boyke W Trietiyanto, Kamis (27/2/2020).

Ia menuturkan pada haul ke-15 kali ini diperkirakan menyisakan sampah sekitar 700 ton atau lebih banyak dari tahun lalu yakni sekitar 400 ton lebih. Estimasi tersebut didasari pada bertambahnya banyaknya jemaah yang datang yakni diperkirakan mencapai 2,5 juta orang (tahun lalu 2 juta).

LINK Live Streaming Haul Guru Sekumpul 2020, Siaran Langsung Suasana Haul KH Zaini Abdul Ghani Ke-15

Kematian Anak Saya Harus Dibalas, Hukum Mati! Misteri Siswi SMP Tewas di Gorong-gorong Terungkap

Cristiano Ronaldo Tak Ada Apa-apanya, 3 Pemain Muda Ini Bersinar Terang di Laga Lyon Vs Juventus

Gojek Tuyul Ini Punya 8.850 Nomor Telepon & 41 Akun Gojek, Kapolda Jatim: Saya Curiga Ini Jaringan

"Pengisian air tumbler kita lakukan di 14 titik lokasi di antaranya di dekat kantor Inspektorat, Kelurahan Sekumpul, Gunung Ronggeng, dan di Simpang Tiga Sekumpul Ujung. Kabanyakan pengisian air tumbler kita gelar di luar kawasan pusat kegiatan haul," ucapnya.

Boy mengimbau kalangan pengusaha air isi ulang agar turut serta membantu melakukan pengisian ulang air tumbler jemaah. Utamanya, bagi jemaah yang berada di kawasan pusat kegiatan haul ke-15 Abah Guru Sekumpul.

"Kalau kegiatan sudah berlangsung jemaah dipastikan tidak bisa lagi kemana-mana. Jadi untuk pengisian tumbler mereka yang habis tolong bantu pengsiannya. Kami tidak melarang jemaah yang ingin membawa air minum dalam botol kemasan, namun alangkah baiknya membawa tumbler guna menhurangi sampah," tuturnya.

Ia juga berharap jemaah tak membuang sampah sembarangan. Lebih dari itu diharapkan memilah sampah organik dan anorganik agar saat prosesnya nanti lebih memudahkan petugas relawan kebersihan haul.

"Termasuk tidak membuang sampah di jalanan ketika berada mobil selama perjalanan menuju Martapura. Jika ada sampah, simpan dulu sampahnya. Setelah ketemu tempat sampah, silakan dibuang di situ," imbau Boyke.

Meski jumlah tumbler yang tersedia terbatas, namun setidaknya dapat menekan membeludaknya sampah. "Mudah-mudahan tahun mendatang Pemkab Banjar pun dapat menyediakan pengadaan tumbler untuk jemaah," tandasnya.

Samentara itu, penuturan pejabat Pemprov Kalsel, rencananya dari Kabupaten Tapin juga akan membagikan tumbler sebanyak 1.000 botol yang akan dibagikan kepada para jemaah yang melintasi wilayah Tapin. Semoga makin banyak lagi pihak lain yang turut membantu menyediakan tumbler.

Lebih lanjut Boyke mengatakan ada tujuh poin penting kebijakan pengelolaan sampah pada haul ke-15 tahun ini:

- Kurangi sampah plastik, gunakan tumbler sebagai pengganti botol kemasan air minum
- Disediakan tempat pengisian air minum untuk tumbler di 14 tempat yg tersebar
- Masyarakat dan penyedia air minum isi ulang diimbau memberikan air minum kepada jemaah pembawa tumbler yang memerlukan air minum
- Disarankan agar tidak menggunakan kemasan makanan berbahan plastik, apalagi styrofoam
- Angkutan sampah di Kota Martapura tidak menggunakan dumptruck sejak H-3 hingga H+1, penggantinya pikap yang berfungsi sebagai feeder untuk mengangkut sampah hingga titik kumpul. Dari titik kumpul ke TPA menggunakan dump truck.
- Sampah organik yang mudah busuk agar dimasukan ke dalam kantong sampah warna kuning yang disediakan Dinas LH. Sampah tersebut akan digunakan untuk bahan komposting untuk menyuburkan tanah.
- Sampah anorganik agar dimasukan ke dalam kantong berwarna hitam agar mudah diproses selanjutnya (didaur-ulang)

LINK Live Streaming Haul Guru Sekumpul 2020, Siaran Langsung Suasana Haul KH Zaini Abdul Ghani Ke-15

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved