Haul Guru Sekumpul 2020

VIDEO H Kaspul  :

H Kaspul  : "Sampai habis umur kami bersihkan Area Makam Guru Sekumpul"

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sejak pagi H Junaedi (62) dan H Kaspul Anwar (64) sudah sibuk. Dua kakek ini setia bertahun-tahun mengabdikan diri secara sukarela membersihkan sekitaran Kubah Abah Guru Sekumpul.

Tampak tidak ada raut wajah keterpaksaan, keduanya selalu berseri, ikhlas bekerja dan selalu senang dalam menjalankannya.

Dari masing-masing tempat tinggal, H Junaedi di Gang Taufik dan H Kaspul di Gang Hijrah bila pagi sudah berjalan kaki atau naik motor menuju Kubah.

Sesampainya di lokasi keduanya bagi tugas, H Kaspul biasa terlihat dekat gerbang masuk Kubah, sementara H Junaedi bisa dekat Kubah atau diluar membereskan sampah-sampah.

Misteri Balita Tanpa Kepala di Samarinda Terungkap, Hasil Otopsi Beberkan Fakta Usia Pembusukan

Sampah Jemaah Haul Guru Sekumpul Diperkirakan 800 Ton, Batola Bantu Armada 5 Buah Truk

Citra Kirana Hamil, Begini Ekspresi Istri Rezky Adhitya Tahu Dirinya Mengandung

Ariel Tatum Dicium Dodit Mulyanto, Begini Ekspresi Al Ghazali Pada sang Mantan Pacar

Keduanya sudah tak lagi muda, pekerjaannya itu sudah dilakukan belasan tahun, bahkan dilakukan sejak saat Guru Sekumpul semasa hidup.

Sederhana saja pekerjaan H Kaspul, dia bertugas untuk memastikan lantai area Kubah Guru Sekumpul selalu bersih. Menyapu dan mengepel kerap dilakukan H Kaspul.

Kedua mata H Kaspul selalu jeli bila melihat ada kotor di lantai dia langsung menyapu kemudian mengepelnya, diantara hilir mudik jemaah yang datang berziarah.

Pekerjaan yang dilakukannya setiap waktu, setiap hari, dari pagi hingga sore, dulu hingga kini tanpa ada mengeluh dan berharap apa-apa, ikhlas. Bila selesai menyapu dan mengepel H Kaspul biasanya berdiri dekat gerbang masuk Kubah.

H Kaspul dalam posisi ini bak seorang penyambut tamu, dia melontar senyuman juga membalas salam para peziarah yang masuk.

" Mau sampai kapan? Ya sampai kami habis umur saja, sampai akhir hayat," ucap H Junaedi diamini H Kaspul saat dianya BPost sampai kapan melakoni aktivitas di Kubah Guru Sekumpul itu.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved