Bumi Bersujud

Waspadai Pupuk dan Pestisida Palsu, Pemkab Tanbu Lakukan Rakor Terkait Pengawasan

Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Tanahbumbu langsung mengambil sikap, melakukan rakor koordinasi (Rakor) terkait pengawasan penyuplaian

Waspadai Pupuk dan Pestisida Palsu, Pemkab Tanbu Lakukan Rakor Terkait Pengawasan
DISKOMINFO TANAHBUMBU
Bidang Perekonomian Setda Tanahbumbu bersama instansi terkait melakukan rakor terkait pengawasan penyuplaian pupuk dan pestisida di Tanahbumbu, Kamis (27/2/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Tanahbumbu langsung mengambil sikap, melakukan rakor koordinasi (Rakor) terkait pengawasan penyuplaian pupuk dan pestisida bersubsidi di Bumi Bersujud

Rakor berlangsung di ruang rapat Bersujud, Batulicin, Kabupaten Tanahbumbu, Kalsel Kamis (27/2/2020).

Selain upaya menjamin pupuk bersubsidi dari pemerintah tepat sasaran, serta melindungi konsumen memperoleh pupuk yang memang benar-benar layak dan bukan pupuk palsu.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Tim Pengawas Pupuk dan Pestisida, Didi Ali Hamidi.

Menurut dia, ada tiga poin dibahas dalam rakor. 

Antara lain, tentang pemuktahiran updating data kebutuhan para petani dan pemuktahiran data kios-kios yang menjual pupuk dan petisida, baik pupuk subsidi maupun pupuk nonsubsidi.

Bidang Perekonomian Setda Tanahbumbu bersama instansi terkait melakukan rakor terkait pengawasan penyuplaian pupuk dan pestisida di Tanahbumbu, Kamis (27/2/2020)
Bidang Perekonomian Setda Tanahbumbu bersama instansi terkait melakukan rakor terkait pengawasan penyuplaian pupuk dan pestisida di Tanahbumbu, Kamis (27/2/2020) (DISKOMINFO TANAHBUMBU)

Melakukan penjadwalan pengawasan terkait peredaran dan distribusi penyaluran pupuk secara berjenjang, mulai tingkat kecamatan hingga tingkat kabupaten.

Kemudian, pengusulan pada APBD Perubahan tahun 2020 untuk menganggarkan alat uji kandungan untuk pupuk dan pestisida.

Dengan harapan, konsumen di Bumi Bersujud, khususnya petani terlindungi dari berbagai macam jenis pupuk dan pestisida palsu.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pertanian Tanahbumbu, Lamijan mengatakan melalui kegiatan rakor pengawasan pupuk dan pestisida ini diharapkan pendistribusian kebutuhan petani di Bumi Bersujud bejalan dan tepat sasaran.

Maka dari itu, dalam pengawasan pemerintah daerah juga melibatkan pihak kepolisian dan TNI. Karena peningkatan produktivitas pangan di Tanbu juga bergantung pada hal tersebut.

Hadir pada rakor tersebut Disdagri, Kepolisian, TNI, para Penyuluh Pertanian dan kelompok tani di wilayah Tanbu. (Aol/*)

Penulis: Herliansyah
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved