Haul Guru Sekumpul

VIDEO Bupati Banjar Tinjau Posko Pintu Air, Jemaah Haul Lewat Sungai Mulai Ramai Tambat di Martapura

upati Banjar Tinjau Posko Pintu Air, Jemaah Haul Lewat Sungai Mulai Ramai Tambat di Martapura

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Jemaah haul  Guru Sekumpul  yang datang ke Martapura, tak cuma melalui jalur darat. Sebagian ada yang melalui jalur perairan (sungai).

Ada dua jalur perairan di wilayah Kota Martapura yang menjadi tempat tambat jemaah haul tiap tahun yakni di dermaga Pekauman dan dermaga Murung Pelabuhan.

Seperti pada jalur darat, jemaah yang melintasi jalur sungai pada haul ke-15 ahun ini (2020) juga mengalami peningkatan.

"Tahun ini lebih ramai dibanding tahun lalu (2019) yang tambat di dermaga di sini," ucap Yani, warga di kawasan Murung Pelabuhan, Jumat (28/2/2020) sore.

Sepanjang Jalan A Yani di HST di Penuhi Rest Area Bagi Jemaah, Pantia Juga Siapkan Makanan

Honorer Rajin di SMA SMK Negeri Dapatkan Tambahan Honor, Begini Aturan Mainnya

Akhirnya Ayu Ting Ting & Ivan Gunawan Saling Ucap Cinta, Jawab Permintaan Abdul Rozak Soal Jodoh?

Hasil Tes Kehamilan Nagita Slavina Ditanyakan Raffi Ahmad, Kakak Syahnaz Kecewa ke Rafathar, Sebab?

Ia menuturkan jemaah haul mulai datang dan tambat di dermaga setempat sejak Kamis (27/2/2020) dan diperkirakan terus ramai berdatangan hingga Sabtu (29/2/2020). Sebagian besar jemaah yang datang dari kawasan Hulusungai dan dari sejumlah daerah di Kalimantan Tengah.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, tercatat sekitar 15 unit kelotok berkapasitas puluhan orang yang telah sandar di dermaga Murung Pelabuhan. Pukul 18.00 Wita tiba satu kelotok ukuran agak kecil yang berasal dari Katingan, Kalteng.

"Kami satu rombongan tujuh orang. Tiap tahun kami memilih jalur sungai karena tak macet dan kami selalu sandar di dermaga di Murung Pelabuhan," ucap Yudi, jemaah dari Katingan sesaat setelah kapal sandar.

Warga di sekitar Posko 70 di lingkungan Langgar Alkautsar di RT 7 setempat juga menyediakan dapur umum di posko setempat (Posko 70). Ada dua tempat dapur umumnya yang terletak di dua tepian sungai setempat.

Digelar 8 Maret 2020, Trail Runner Suguhkan Keindahan Pemandangan Tahura Mandiangin

VIDEO Burung Peliharaannya Ternyata Satwa Dilindungi, Warga Jalan A Yani Ini Serahkan ke Petugas

Selain itu warga setempat juga menyediakan tempat inap gratis. "Sudah sekitar 60 orang yang menginap di bidakan (rumah sewaan) saya. Tiap tahun selalu saya sediakan untuk jemaah haul. Kebetulan tiap menjelang haul yang menyewa selalu pindah," tutur Yani.

Sementara itu dermaga di Pekauman masih sepi. Penuturan tokoh warga setempat jemaah diperkirakan akan datang Jumat malam hingga Sabtu pagi. Meski masih sepi, namun warga setempat juga mulai sibuk beriaktivitas di posko menyediakan rest area dan makanan serta minuman. (banjarmasinpost.co.id /Roy /Nia Kurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved