Haul Guru Sekumpul

Jalan A Yani Martapura Padat Merayap, Jemaah Terus Berdatangan ke Haul ke-15 Guru Sekumpul

Jalan A Yani Martapura Padat Merayap, Jemaah Terus Berdatangan ke Haul ke-15 Guru Sekumpul

banjarmasinpost.co.id/idda royani
Suasana di simoang empat Jalan A Yani-Sekumpul, Martapura, padat merayap, Minggu (1/3) pagi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Hari kedua haul ke-15 Al-Alimul al-Alamah al-Arif Billaah al-Bahrul Ulum al-Waliy Qutb as-Syekh al-Mukarram Maulana Kiai Haji Muhammad Zaini bin Abdul Ghani al-Banjari (Abah Guru Sekumpul), Minggu (1/3/2/2020) benar-benar sangat padat jemaah.

Sejak subuh telah banyak jemaah yang berdatangan menuju Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). Cukup bayak jemaah yang menaiki kendaraan roda dua, baik yang bergerak dari arah Banjarmasin maupun dari Hukusungai.

Jemaah dari arah Banjarmasin menjadi lintasan jemaah dari Kota Banjarmasin, Kabupaten Baritokuala (Batola), dan dari sejumlah daerah di Kalimantan Tengah (Kalteng).

Sedangkan jemaah yang bergerak dari Hulusungai, menjadi lintasan jemaah dari sejumlah daerah di kawasan Banua Enam (Kalsel), termasuk dari Kalimantan Timur (Kaltim) dan juga sebagian dari Kalteng.

Relawan Sembelih 200 Sapi dan Ribuan Blek Beras untuk 2,5 Juta Jamaah Haul ke-15 Guru Sekumpul

VIRAL, Bukannya Nangis! Bayi Baru Lahir Ini Malah Perlihatkan Wajah Cemberut, Orangtuanya Ngakak!

VIRAL, Curi Tabung Gas 3 Kg, Ibu Hamil Ini Bawa 2 Anak yang Masih Kecil, Korban Pun Memohon Ini

Jemaah juga berdatangan dari arah Pelaihari (Kabupaten Tanahlaut). Ini menjadi lintasan jemaah dari Tanahlaut, Kabupaten Tanahbumbu, Kotabaru, dan dari Kalimantan Timur.

Haul ke-15 Abah Guru Sekumpul dilaksanakan selama dua hari yakni sejak Sabtu (29/2/2020) dan Minggu hari ini. Tiap momen haul, jemaah dari berbagai penjuru wilayah Indonesia berdatangan. Bahkan ada juga sejumlah jemaah yang dari luar negeri.

Seluruh ruas jalan raya (Trans Nasional) sejak pagi tadi telah ramai jemaah yang menuju Martapura. Petugas gabungan (kepolisian, TNI, Dinas Perhubungan, relawan, pramuka, dan lainnya) sibuk mengatur lalu lintas.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, Mnggu pagi kawasan simpang empat di Jalan A Yani-Sekumpul, Martapura, telah dipadati jemaah. Lalu lintas padat merayap.

Lajur arah Martapura-Hulusungai lapang, sebaliknya dari arah Hulusungai-Martapura penuh sesak pengendara roda, roda empat maupus bus. Begitu juga dari Banjarbaru-Martapura padat merayap.

Salah seorang jemaah, Norhalimah menuturkan pukul 04.00 Wita berangkat dari rumahnya di Anjir dekat Jembatan Barito, Batola. Ia berangkat bersama suami dan seorang anaknya.

"Kami naik sepeda motor. Alhamdulilah pagi-pagi sudah sampai di Martapura. Sudah makan juga karena banyak yang menyediakan makanan dan minuman gratis," ucapnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved