Kalselpedia

Kalselpedia: Masjid Al Abrar Gambah Luar Kandangan, Hulu Sungai Selatan

erletak di Desa Gambah Luar Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan, Masjid Al Abrar salah satu masjid tua

istimewa
Terletak di Desa Gambah Luar Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan, Masjid Al Abrar salah satu masjid tua. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, Kalselpedia - Terletak di Desa Gambah Luar Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan Kalimantan Selatan, Masjid Al Abrar salah satu masjid tua.

Letaknya yang strategis di pinggir jalan, dengan halaman parkir cukup luas, masjid ini sangat mudah ditemukan, dan menjadi favorit para orang yang melakukan perjalanan jauh atau musafir untuk mampir melaksanakan salat.

Menurut sejarahnya, dikutip dari berbagai sumber, masjid Al Abrar dibangun pada 1958 masehi, dengan daya tampung 5000 orang, dan berdiri di atas lahan 700 meter persegi.

Meski mesjid tua, baik bangunan maupun lingkungan sekitarnya sangat terawat.

Kalselpedia: Transcity Hotel, Berlokasi di Jalan A Yani Kilometer 7,6 Perbatasan Kota Banjarmasin

Kalselpedia: Website SKPD Pemkab Banjar

Kalselpedia: Aplikasi e-Perpus Banjarmasin

Salah satu kelebihannya adalah kebersihan yang luar biasa terjaga, ditambah kerapian dan keteraturan manajemen dan pengelolaan masjid yang baik.

Pengurus masjid menerapkan bahwa masjid milik bersama umat Islam, sehingga terbuka bagi siapa pun yang hendak beribadah di tempat tersebut.

Karena terbuka 24 jam bagi umat Islam yang ingin beribadah, serta kebersihannya yang senantiasa terjaga, masjid ini sering disinggahi.

Warga sekitar pun selalu menghidupkan kegiatan di masjid tersebut, selain salat lima waktu dan salat

Meski bebas menggunakan fasilitas di masjid tersebut, pengunjung yang mampir hendak salat tetap diimbau kesadarannya untuk menjaga kebersihan, dan ketertiban serta ikut merawat masjid dengan tak mengotorinya.

Ada beberapa fasilitas masjid yang bisa menjadi inspirasi bagi masjid-masjid lainnya.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved