Berita Kalteng

Koordinasi Lintas Sektor Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Kapuas, ini yang Disampaikan Sekda

Koordinasi Lintas Sektor Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Kapuas, ini yang Disampaikan Sekda

BANJARMASINPOST.CO.ID/FADLY SETIA RAHMAN
Saat forum koordinasi lintas sektor Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Kabupaten Kapuas di Aula Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kapuas, Senin (2/3/2020) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas melaksanakan forum koordinasi lintas sektor Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), Senin (2/3/2020).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Kapuas tersebut dibuka oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Andres Nuah.

Dalam sambutannya, Pj Sekda Kapuas Andres Nuah mengatakan forum ini merupakan upaya Pemerintah Daerah dalam mendukung dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas.

Ia menuturkan Germas merupakan suatu upaya untuk menurunkan faktor resiko penyakit menular terutama di wilayah Kabupaten Kapuas.

Kelelahan, Banyak Jemaah Haul Guru Sekumpul Tertidur di Lapangan Basket Lambung Mangkurat Kandangan

Kebohongan Syahrini pada Reino Barack Sebelum Lagu Seumur Hidupku Dirilis Diungkap Aisyahrani

Akhirnya Kondisi Asli Rumah Tangga Laudya Cynthia Bella & Engku Emran Diungkap sang Ayah

"Saya minta melalui kegiatan ini agar seluruh elemen-elemen Pemerintah dan masyarakat dapat bekerja sama guna melaksanakan maupun mensosialisasikan Germas ini, sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama dalam hal menjaga kesehatan," kata Andres Nuah.

Dirinya juga meminta kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kapuas untuk bersama-sama melaksanakan dan mensosialisasikan Germas ini.

"Sampai ke jajaran paling bawah sesuai tugas dan fungsinya masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Bidang Sosial Budaya dan Pemerintahan Bappeda Litbang Provinsi Kalteng, Tukas Umar selaku narasumber dalam kegiatan tersebut menerangkan terdapat beberapa tujuan dalam kegiatan pelaksanaan Germas.

Yaitu menurunkan beban penyakit menular dan tidak menular, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit serta menghindarkan beban finansial penduduk untuk pengeluaran kesehatan.

Sementara itu dirinya juga menambahkan adapun tujuan khusus dari Germas ini untuk meningkatkan aktivitas fisik, meningkatkan perilaku sehat dan juga peningkatan edukasi hidup sehat.

"Dalam penyusunan rencana kegiatan Germas di Kabupaten Kapuas, difokuskan pada kegiatan yang berkontribusi signifikan pada enam tujuan yaitu peningkatan aktivitas fisik, peningkatan perilaku hidup sehat, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan pencegaha dan deteksi dini penyakit, peningkatan kualitas lingkungan serta peningkatan edukasi sehat," papar Tukas Umar.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved