BPost Cetak

Penumpang Diamond Princess Meninggal, 147 Warga Jakarta Diawasi Terkait Corona

Penumpang Diamond Princess Meninggal, 147 Warga Jakarta Diawasi Terkait Corona

Penumpang Diamond Princess Meninggal, 147 Warga Jakarta Diawasi Terkait Corona
Behrouz MEHRI/AFP
Dua bus tiba di dermaga di mana kapal pesiar Diamond Princess berlabuh di di Daikaku Pier Cruise Terminal di pelabuhan Yokohama Jepang pada 16 Februari 2020. Penumpang kapal pesiar ini dikarantina di dalam kapal karena kekhawatiran penyebaran virus corona di Jepang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Sebanyak 68 warga negara Indonesia (WNI) anak buah kapal (ABK) Diamond Princess dalam perjalanan dari Yokohama, Jepang, menuju Indonesia.

Dari Bandara Kertapati, Majalengka, Jawa Barat, mereka dibawa menuju Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu, Jakarta, untuk diobservasi.

Saat mereka dalam perjalanan, seorang penumpang Diamond Princess asal Perth, Australia, Minggu (1/3/2020) pagi, meninggal dunia karena virus corona. Pejabat kesehatan Australia melaporkan itu adalah kematian pertama akibat corona di negara tersebut.

Selain pria berusia 78 tahun itu, ada sekitar 150 warga Australia yang juga dievakuasi dari kapal pesiar Diamond Princess.

Merindukan ‘Wali Kutub’, Pemimpin Ruhani dan Duniawi Menuju ke Titik Pusat

Taman Siring Nol Kilometer Jadi Wisata Alternatif di Banjarmasin

Tangis Sule & Rizky Febian Pecah, Kakak Putri Delina Gelar Konser untuk Lina Jubaedah

Nama Nikita Mirzani Terbawa, Foto Ratna Sari Dewi, Mantan Istri Presiden Soekarno Disorot di Twitter

Andrew Robertson, Chief Health Officer Australia Barat mengatakan, istri pria tersebut juga terinfeksi tapi dalam kondisi stabil. Hingga Minggu pagi, pemerintah Australia mencatat ada 25 kasus corona.

Selandia Baru juga telah mengumumkan kasus pertama corona di negeri tersebut, Jumat (28/2). Virus itu menginfeksi seorang wanita berusia 60 tahun yang pulang dari Iran.

Namun, dalam perjalanannya ke Selandia Baru, ia sempat transit via Bali. Menurut BBC, ia terbang menggunakan pesawat maskapai Emirates dari Bali ke Auckland.

“Pejabat setempat telah menyampaikan pengumuman bagi penumpang yang mengambil penerbangan itu pada Rabu (26/2) untuk mengontak otoritas setempat,” tulis BBC.

Penyebaran virus corona semakin masif. Hingga kini sudah ada 54 negara yang terkonfirmasi terjangkit penyakit ini.

Menteri Kesehatan Malaysia mengkonfirmasi tiga kasus baru virus corona, di mana salah satu di antaranya pernah ke Jepang dan Indonesia.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved