Haul Guru Sekumpul 2020

VIDEO Jemaah Jalan-jalan di Taman Cahaya Bumi Selamat Martapura Pasca Haul Sekumpul

Jemaah haul Guru Sekumpu tak semuanya langsung balik ke daerah masing-masing pascaberakhirnya puncak haul

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Jemaah haul Guru Sekumpu tak semuanya langsung balik ke daerah masing-masing pascaberakhirnya puncak haul, Minggu (1/3/2020) malam.

Sebagian jemaah tetap bertahan, menginap di Kota Martapura. Ada yang menginap di tempat inap sebelumnya seperti di perkantoran pemerintah/swasta atau rumah warga dan lainnya, ada pula yang menginap di tempat sekadarnya yang didapati.

Maklum pascahaul malam tadi ada sebagian jemaah yang berniat balik ke daerah masing-masing, namun lantaran arus lalu lintas sangat padat merayap dan bahkan kerap macet, mereka akhirnya memilih tak melanjutkan perjalanan.

Contohnya Samhadinoor, jemaah dari Anjir, Kapuas, Kalimantan Tengah. Ia berkendara roda dua berboncengan dengan temannya.

VIDEO Kepala ULP Jadi Saksi Kasus Korupsi Alkes Di RSUD Ulin Banjarmasin

Arus Balik Haul Guru Sekumpul, Sejak Pagi Rest Area di HSU Ramai Disinggahi Jamaah

Akhirnya Kondisi Asli Rumah Tangga Laudya Cynthia Bella & Engku Emran Diungkap sang Ayah

Perlakuan Tak Terduga Ahmad Dhani Kala Bertemu Rhoma Irama Pasca Jumpa Maia Estianty di Ajang Idol

"Macet sekali malam tadi, nyerah saya. Apalagi oleh petugas diarahkan ke arah Hulusungai. Bingung saya, takut nanti malah makin jauh dan mutar-mutar. Jadi, akhirnya say anumpang nginap di kompleks perkantoran dewan Banjar," tuturnya.

Sementara itu sebagian jemaah lainnya yang juga bertahan, Senin pagi mereka banyak yang jalan-jalan ke sejumlah taman di Kota Martapura. Di antaranya di Taman Cahaya Bumi Selamat (CBS) yang berada di kawasan Jalan A Yani Km 40, Martapura.

Taman CBS merupakan salah satu ruang terbuka hijau di Kota Martapura yang cukup mudah dan nyaman dikunjungi. Apalagi letaknya strategis karena persis berada di depan pusat pertokoan permata Cahaya Bumi Selamat (CBS) atau di seberang jalan dari perkantoran Bupati Banjar.

Akses menjangkaunya juga mudah karena terletak di jalur jalan utama (A Yani). Juga berdekatan degan kompleks pasar Martapura serta bersebelahan dengan RTH Ratu Zalecha (Raza).

Bagi yang ingin mencicipi aneka makanan khas Banjar secara nyaman, juga tinggal melangkah sekitar 100 meter ke area belakang di Kompleks Wisata Kuliner (KWK) Barokah.

Manto misalnya. Jemaah yang berasal dari Kota Samarindah, Kalimantan Timur (Kaltim), ini menyempatkan diri jalan-jalan ke Taman CBS dan sekitarnya.

Ia bersama istri dan keluarga baru akan balik siang ini dan sebelum pulang sengaja bersantai sejenak menikmati Kota Martapura.

Pengakuan Inul Daratista Tolak Jadi Ustazah Hingga Musuhan dengan sang Ayah

Jemaah Al Amsor Memaklumi Kebijakan Pemeritah Saudi, Sabar Menunggu, Tak Minta Uang Dikembalikan

Kebohongan Syahrini pada Reino Barack Sebelum Lagu Seumur Hidupku Dirilis Diungkap Aisyahrani

"Ini sambil jalan-jalan di taman ini, sekalugus istri dan keluarga belanja oleh-oleh dulu," ucap karyawan swasta yang berdomisili di Jalan Pemuda, Samarinda, ini.

Ia menuturkan sejak 2013 rutin mengikuti haul Abah Guru Sekumpul. Pihaknya menginap di Pondok Pesantren Darussalam di kawasan Pesayangan, Martapura. "Kami sudah langganan nginap di Darusallam. Agak jauh sih emang menuju kompeks Ar-Raudhah Sekumpul, tapi terasa dekat saja," tandasnya. (banjarmasinpost.co.id /idda royani)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved