Sport

Bali Mundur, Kalsel Ambil Jatah Tuan Rumah Popwil III

Pemprov Kalsel menyanggupi untuk menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) III Tahun 2020.

Bali Mundur, Kalsel Ambil Jatah Tuan Rumah Popwil III
banjarmasinpost.co.id/khairil rahim
Munir Peraih emas di cabang angkat besi pada Popnas di Jakarta lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Gubernur Sahbirin Noor menyanggupi permintaan kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk menjadi tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) III Tahun 2020.

Padahal sebelumnya di ajang ini Bali sudah ditunjuk menjadi host namun memilih mengundurkan diri. Kemudian Kalimantan Tengah pun mendpat tawaran namun menyatakan ketidaksanggupannya.

"Alhamdulillah saat Kalsel diminta dan Paman Birin menyetujuinya," kata Kepala Bidang (Kabid) Peningkatan Prestasi Dispora Kalsel M Fitrihernadi, Rabu (4/3/2020) sore.

Sejumlah langkah persiapan sudah dilakukan untuk mempersiapkan even yang mempertandingkan 8 cabang olahraga (cabor). Yakni tenis meja, tenis lapangan, pencak silat, bola basket, bola voli, sepakbola, sepak takraw dan bulutangkis.

Pendaftaran Bagi Atlet PON Papua XX Dideadline hingga 30 Juni

Prediksi & Jadwal Live Streaming Mola TV Derby Manchester United vs City Liga Inggris, Tak Live TVRI

Nasib Jadwal Timnas Indonesia vs Thailand di Kualifikasi PD 2022 Imbas Virus Corona, PSSI Bilang Ini

"Untuk cabornya memang belum pasti. Insyaa Allaah Cabor yang dipertandingkan sedang dibahas di Jogja tanggal 3 sampai 6 Maret ini," kata Fitri.

Pelaksanaan memang beberapa bulan lagi. Tetapi, tetap harus dipersiapkan. Para pengurus Pengprov Cabor pun turut dilibatkan guna melengkapi data wasit Nasional yang dimiliki cabor provinsi, penyiapan atlet dari masing-masing cabor, venue pertandingan, serta hal penunjang lainnya.

"Untuk tempat bisa di Banjarmasin dan Banjarbaru, venuenya akan disiapkan," sebut dia.

Fitri menambahkan Popwil diikuti sejumlah provinsi yang tergabung dalam wilayah III saja seperti
Bali, Jawa Tengah, Jogjakarta, Kalsel, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

Poprlwol kata Fitri merupakan babak kualifikasi menuju Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) nanti.

Derby Manchester! Jadwal Liga Inggris Pekan 29 di Mola TV & TVRI, MU vs City, Liverpool?

Popwil juga merupakan agenda rutin Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang menjadi sarana dan babak kualifikasi 8 (delapan) cabor. Sekaligus sebagai awal evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan olahraga pelajar di daerah menuju Popnas.

"Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bagian dari Sistem Kompetisi Olahraga Pelajar secara nasional yang berjenjang dan berkelanjutan," pungkasnya. (banjarmasin post.co.id/Khairil rahim)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved