Ekonomi dan Bisnis

Kampanyekan Pembayaran Berbasis Digital, KPw Bank Indonesia Kalsel Bakal Gelar Pekan QRIS 2020

Kampanyekan Pembayaran Berbasis Digital, KPw Bank Indonesia Kalsel Bakal Gelar Pekan QRIS 2020

Kampanyekan Pembayaran Berbasis Digital, KPw Bank Indonesia Kalsel Bakal Gelar Pekan QRIS 2020
banjarmasinpost.co.id/mariana
Kepala KPw BI Kalsel, Amanlison Sembiring (kiri) dan Kepala Grup Advisory Ekonomi Keuangan dan Pengembangan Ekonomi Rahmat Dwisaputra (kanan) memperagakan penggunaan QRIS. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Secara bertahap Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan sosialisasi dan penerapan Quick Respond Indonesia Standard (QRIS) sebagai pembayaran berbasis digital.

Saat ini tercatat 20.599 mercants di Kalsel yang telah menerapkan QRIS untuk transaksi pembayaran. Di antaranya sejumlah rumah makan, tempat ibadah, perguruan tinggi, pasar tradisional, pasar terapung dan mall sudah menggunakan QRIS. Jumlah ini akan terus meningkat seiring sosialisasi yang terus dilakukan KPw BI Kalsel.

Konsep implementasi QRIS terdiri atas tahap awareness,usage, dan quality. Implementasi QRIS saat ini telah memasuki tahapan usage yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah penggunaan QRIS dengan pemahaman yang berkualitas, baik dari segi merchant maupun customer.

Kepala KPw BI Kalsel, Amanlison Sembiring menuturkan, dalam rangka mengkampanyekan QRIS, KPw BI Kalsel akan menyelenggarakan QRIS Week atau Pekan QRIS Nasional 2020.

VIDEO Perjuangan Para Jemaah Haul Guru Sekumpul

Kajari Tegaskan Kasus Dugaan Kunker Fiktif DPRD Banjar Belum Dihentikan

Foto Tara Basro Tanpa Busana Viral di Twitter Berujung Ancaman Pidana, Chef Renatta Ikut Bereaksi

Nyinyir Sinis di Foto Ahok BTP Disorot, Sifat Puput Nastiti Devi Dibongkar Eks Mertua Veronica Tan

"Dalam event tersebut akan digelar sosialisasi dan peninjauan langsung ke beberapa tempat, secara bertahap mulai 9 Maret akan dimulai Pekan QRIS bertempat di Kantor Wali Kota Banjarmasin," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id, dalam acara diseminasi kebijakan BI, Kamis (5/2/2020).

Selanjutnya, 10 Maret 2020 bertempat di UIN Antasari Banjarmasin, dilanjutkan di SMAN 1 Banjarmasin, kemudian Mesjid Sabilal Muhatadin, lalu Duta Mall, serta puncak acara pada 14 Maret 2020 bertempat di Siring 0 Km.

Pada acara puncak di Siring 0 KM akan menyertakan berbagai merchant yang telah on boarding QRIS, seluruh peserta dan masyarakat akan mendapatkan pengalaman penggunaan QRIS sehingga bisa merasakan manfaatnya.

Menjelang Pekan QRIS Nasional 2020, KPw BI Kalsel telah melakukan berbagai kampanye above the line melalui media cetak, radio, iklan, TV, sosial media, dan media briefing.

Selain kegiatan edukasi cashless, dalam Pekan QRIS 2020 juga digelar berbagai kegiatan lainnya, terkait wabah corona yang sudah positif masuk ke Indonesia, KPw BI Kalsel turut menggelar senam QRIS dan Fun Walk.

Tidak hanya di Kota Banjarmasin, KPw BI Kalsel menggandeng Pemerintah Provinsi Kalsel akan meningkatkan penerapan QRIS mencakup daerah-daerah wisata terpencil yang potensial di Banua.

Saat Akan Ditangkap, Warga Kabupaten Hulu Sungai Utara Ini Malah Kabur dan Buang Sabu

Sulitnya Bikin Lagu Anniversary Syahrini & Reino Barack Diungkap Melly Goeslaw, Ini Penyebabnya

"Kami mencoba mendorong pemerintah daerah agar dapat membangun BTS-BTS atau jaringan internet agar QRIS bisa terhubung dan digunakan di desa-desa wisata yang terletak di pelosok," tukasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved