Lifestyle

Begini Kecenderungan Karakter Anak Tunggal, Psikolog ULM Ini Minta Orang Tua Tidak Memanjakan

Rika Vira Zwagery Psikolog ULM, mengatakan, anak pada dasarnya ada yang terlahir sebagai anak tunggal, anak sulung, anak tengah ataupun anak bungsu.

Begini Kecenderungan Karakter Anak Tunggal, Psikolog ULM Ini Minta Orang Tua Tidak Memanjakan
istimewa
Rika Vira Zwagery Psikolog ULM 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Urutan kelahiran seorang anak kemungkinan akan memengaruhi sikap dan kepribadiannya karena juga dipengaruhi oleh faktor pola pengasuhan dari orangtua.

Rika Vira Zwagery Psikolog ULM, mengatakan, anak pada dasarnya ada yang terlahir sebagai anak tunggal, anak sulung, anak tengah ataupun anak bungsu.

Seorang anak yang terlahir sebagai anak tunggal seringkali memiliki sifat yang cenderung lebih fleksibel dan tidak tergantung pada orang lain.

Anak tunggal juga cenderung memiliki kedekatan emosional yang kuat dengan orangtuanya. Hal ini dikarenakan anak tunggal tidak berbagi perhatian dan kasih sayang dengan saudara lainnya sehingga ia mendapatkan perhatian dan kasih sayang yang juga penuh dari kedua orangtua.

Pabrik Wood Pelet di Desa Loktamu Lama Mangkrak,  Sekda Banjar Sebut Sewa Jadi Opsi Operasional

Punya Ukuran Raksasa, Tapi Ular Sanca 7 Meter Milik Fery Pakannya Ternyata Hanya Kepala Ayam

Sebab Ibu Baim Wong Meninggal Dunia, Mertua Paula Verhoeven Disebut Alami Penyakit Ini

Mengungkap Sosok Ayu Maulida Putri, Puteri Indonesia 2020, Pernah Juara Asia Model Festival 2019

Namun, ia menjadi cenderung lebih senang menyendiri. Anak tunggal juga memiliki kecenderungan dominan dalam kehidupan sehari harinya karena ia terbiasa sendiri tanpa membagi beberapa hal dalam hidupnya sehingga membuatnya menjadi mandiri namun cenderung egois.

Lalu sebagai orangtua bagaimana seharusnya memperlakukan mereka yang menjadi anak tunggal? Orangtua dapat menerapkan pola asuh yang efektif dengan memahami karakteristik dan sikap anak.

Walaupun hanya memiliki satu anak, orangtua sebaiknya mengajarkan kepada anak untuk berbagi kepada orang lain.

ANEH! Buaya Ini Berjari 5 Diberi dan Nama Ainun, Wanita Ini Memeluknya Seperti Bayi Saking Sayangnya

Heboh Kalista Iskandar Tak Hapal Pancasila di Puteri Indonesia 2020 Dijawab, Sebut Bukan Akhir

Orangtua juga tidak perlu menerapkan pola asuh yang memanjakan karena pola asuh yang memanjakan akan menciptakan anak yang manja sehingga ia cenderung tidak memiliki daya juang untuk mencapai sesuatu, rentan terhadap permasalahan dan sensitif.

Penting diketahui adalah bahwa tidak semua anak tunggal memiliki sikap dan karakteristik yang sama, karena hal ini tergantung pada bagaimana orangtua memperlakukan mereka dan pola asuh yang diterapkan oleh orangtua.

(banjarmasin.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved