Serambi Mekkah

Pastikan Bolehnya Vaksin MR, Dinkes Banjar Ajak Tokoh Agama Temui MUI Pusat

Pastikan Bolehnya Vaksin MR, Dinkes Banjar Ajak Tokoh Agama Temui MUI Pusat

Foto MC Kominfo Banjar/Dani
Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar beserta sejumlah tokoh agama menemui Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat di Jakarta, Selasa (10/3/2020) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar beserta sejumlah tokoh agama menemui Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat di Jakarta, Selasa (10/3/2020).

Kedatangan mereka guna memastikan fatwa MUI terkait dengan penggunaan vaksin Measles Rubella (MR).

Diterima oleh Komisi Fatwa MUI pusat, rombongan yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar, dr Diauddin, mendapat penjelasan panjang lebar terkait sikap MUI pusat atas penggunaan vaksin MR untuk imunisasi campak dan rubella.

Wakil Sekretaris Komisi Fatwa MUI pusat, KH Arwani menjelaskan bahwa sikap MUI jelas bahwa vaksin yang diberikan untuk imunisasi MR adalah boleh.

Menurutnya, tidak ada bahan atau unsur babi dalam vaksin tersebut.

“Yang betul adalah enzim babi hanya untuk katalisatornya,” tegasnya.

Apalagi lanjut dia, vaksin tersebut sudah melalui proses pembersihan dan berdasarkan uji laboratorium tidak ditemukan lagi unsur babi di dalamnya.

KH Arwani menyebutkan sejumlah dalil dan pendapat ulama tentang penggunaan makanan yang berasal dari hal yang haram, namun diperbolehkan untuk dipergunakan jika dalam keadaan darurat.

“Namun sifatnya hanya sementara, jika nanti ditemukan vaksin yang tak lagi menggunakan enzim babi sebagai katalisator, maka kita wajib menggunakan vaksin baru tersebut, dan meninggalkan vaksin lama,” terangnya.

Ditambahkan oleh Wakil Sekretaris Komisi Fatwa MUI pusat, KH Miftahul Huda, bahwa keluarnya Fatwa MUI nomor 33 tahun 2018, tentang penggunaan vaksin MR produk dari SII untuk imunisasi, sudah melalui kajian dan meminta pendapat para ulama.

Halaman
12
Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved