Kriminalitas Jakarta

Terdakwa yang Ancam Penggal Kepala Presiden Jokowi Bebas, Padahal Divonis Bersalah

Terdakwa yang Ancam Penggal Kepala Presiden Jokowi Bebas, Padahal Divonis Bersalah

KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA
Sidang vonis terdakwa pengancam penggal kepala Presiden Joko Widodo, Hermawan Susanto di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis (12/3/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Majelis Hakim memvonis terdakwa pengancam penggal kepala Presiden Joko Widodo, Hermawan Susanto hukuman penjara selama 10 bulan 5 hari dalam sidang putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada Kamis (13 10/2019)

Hermawan terbukti bersalah sesuai Pasal 104 KUHP Juncto Pasal 110 KUHP Ayat (2) yakni memprovokasi orang untuk melakukan tindakan makar.

"Menyatakan terdakwa Hermawan Susanto alias Wawan terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana berusaha membuat menggerakkan orang lain atau melakukan atau turut serta melakukan terhadap kejahatan makar," kata Ketua Majelis Hakim, Makmur, saat membacakan vonis di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis.

Vonis tersebut sama dengan masa penahanan Hermawan sejak ditangkap oleh polisi. Oleh karena itu, Hermawan dinyatakan bebas usai sidang putusan.

Ruben Onsu Berpisah dari Betrand Peto Sampai Nangis, Suami Sarwendah Relakan Koko Pergi untuk Ini

Sosok Ini Sorot Masa Depan Hubungan Luna Maya - Herjunot Ali, Tak Ada Harapan bagi Eks Ariel

Tanpa Bagus Kahfi, Garuda Select Menang Telak atas Bournemouth U18, Ini Kunci Kesuksesannya

Kasus Pencabulan Ketua KPU Kota Banjarmasin Sangat Memalukan, Evi Novida: Sangat Disayangkan

"Menetapkan masa tahanan yang dijalani oleh terdakwa akan dikurangkan seluruhnya dari pidana yang dijatuhkan. Memerintahkan agar terdakwa dikeluarkan dari tahanan rumah tahanan negara," lanjut hakim.

Vonis hakim lebih ringan dibandingkan tuntutan jaksa. Jaksa penuntut umum sebelumnya menuntut Hermawan lima tahun penjara.

Hermawan dianggap telah melanggar pasal pidana yang diatur dalam Pasal 104 KUHP Juncto Pasal 110 KUHP Ayat (2). Atas vonis hakim tersebut, jaksa penuntut umum akan mengajukan banding.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Divonis Bersalah, Terdakwa yang Ancam Penggal Kepala Jokowi Langsung Bebas",

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved