Ekonomi dan Bisnis

Promosikan Banjarmasin kepada Tamu Luar, Toko Oleh-oleh Ini Bikin Desain Kaos Motif Khas Banjar

Promosikan Banjarmasin kepada Tamu Luar, Toko Oleh-oleh Ini Bikin Desain Kaos Motif Khas Banjar

Promosikan Banjarmasin kepada Tamu Luar, Toko Oleh-oleh Ini Bikin Desain Kaos Motif Khas Banjar
banjarmasinpost.co.id/mariana
Karyawan Toko Bengkeng menunjukkan kaos bermotif khas Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Baju-baju bermaterial kaos banyak tersedia di toko-toko maupun distro di Banjarmasin. Desain dan motif yang ditawarkan pun beragam sesuai tren yang berkembang.

Tak hanya di butik maupun distro, kaos juga tersedia di toko oleh-oleh yakni di Toko Bengkeng berlokasi di Jalan A Yani Km 5 Banjarmasin.

Tampak di toko tersebut, dipajang kaos berbagai ukuran dan warna. Harga kaos brand Bengkeng dipatok mulai Rp 75.000-100.000 sedangkan kaos brand lainnya seharga Rp 45.000.

"Kaos yang kami produksi motifnya mencerminkan khas Banjar, ada tulisan 1 Thousand River, gambar bekantan, Jembatan Barito, menara pandang, pasar terapung dan lainnya. Tujuannya agar tamu-tamu dari luar yang berkunjung ke Banjarmasin bisa bawa pulang oleh-oleh kaos motif khas Banjar," jelas Owner Toko Bengkeng, Rina Eko S kepada Banjarmasinpost.co.id.

Cegah Penyebaran Virus Corona, Siswa SMK ISFI Farmasi Banjarmasin Antusias Buat Hand Sanitizer

VIRAL Bocah 5 Tahun Dilecehkan Pria Bercelana Pendek Lalu Ditinggal di Lorong, Korban Menangis Keras

Didi Riyadi Ternyata Sudah Temui Orangtua Ayu Ting Ting, Ini Reaksi Abdul Rozak & Umi Kalsum

Sosok Ini Sorot Masa Depan Hubungan Luna Maya - Herjunot Ali, Tak Ada Harapan bagi Eks Ariel

Ide Kaos Bengkeng sendiri terinspirasi dari oleh-oleh toko lain yang memiliki ciri khas daerah setempat. Sedangkan di Banjarmasin menurutnya masih belum ada yang mengangkat secara khusus kaos motif khas Banjar. Hal ini pun dimanfaatkannya sebagai peluang berbisnis sekaligus mempromosikan Kota Banjarmasin.

Kaos Bengkeng berbahan cotton combad 30s, dari segi produksi Rina berkolaborasi dengan teman-teman dari Pulau Jawa termasuk bahan yang diproduksi.

"Target per bulannya bisa tembus 500 kaos, kalau Banjarmasin lagi ada event skala nasional, kami targetkan 50-100 kaos per hari," imbuhnya.

Selain kaos, produk Bengkeng lainnya ada tumbler, mug, waist bag, beauty case, jam, dan gantungan kunci. Di Toko Bengkeng ia juga mempersilakan para UMKM di Kalsel khususnya Banjarmasin untuk menjual hasil usahanya.

Selain Toko Bengkeng, kaos cotton combad juga tersedia di Monkey Cloth Store yang bertempat di Jalan Bali Banjarmasin. Berbeda dengan Toko Bengkeng yang menjual kaos siap pakai, di Monkey Cloth Store customer harus memesan kaosnyanterlebih dahulu.

Ia banyak menerima kustom dari customer berupa quotes atau tulisan-tulisan, juga desain gambar sesuai dengan konsep dan keinginan customer.

"Harga kaos lengan per satuan dibanderol Rp 100.000-300.000 tergantung warna yang diinginkan, jika request lengan panjang maka dikenakan biaya Rp 10.000 per pcs," jelasnya.

Kemudian harga kaos raglan lengan panjang mulai Rp 115.000-145.000. Kaos anak-anak ditarif Rp 80.000-95.000. Sweater mulai Rp 170.000-200.000, serta hoodie seharga Rp 180.000-210.000.

Sebelumnya Cuma Sakit Tenggorokan, Ternyata Mendagri Australia Peter Dutton Positif Virus Corona

Nama Agnez Mo Muncul di Postingan Suami Nagita Slavina, Raffi Ahmad, Tentang Choi Siwon Makan Malam

Jelang Ujian Nasional, 652 Siswa SMKN 3 Banjarmasin Khataman Alquran

Costumer yang beli lusinan akan dapat potongan harga. Misalnya untuk kaos beli satu lusin hanya dikenakan Rp 75.000, semakin banyak orderannya maka potongan harga akan lebih besar, juga berlaku untuk item lainnya.

Bahan yang digunakan yakni cotton combad 30s dan 20s didatangkan dari Bandung. Selain offline, Firdaus juga memasarkan produknya melalui hampir semua platform marketplace. (banjarmasinpost.co.id/mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved