Berita Banjarbaru

Disdik Banjarbaru Belum Liburkan Siswa, Cegah Corona Guru dan Siswa Diminta Kurangi Kontak Fisik

Virus corona merebak, Disdik Banjarbaru belum liburkan siswa, ingatkan guru dan siswa kurangi kontak Fisik

banjarmasinpost.co.id/aprianto
Kepala Dinas Pendidikan Banjarbaru M Aswan belum memutuskan untuk meliburkan sekolah di Kota Banjarbaru. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU-Proses belajar dan mengajar di Kota Banjarbaru masih berlangsung di sekolah. Dinas pendidikan Kota Banjarbaru belum memberlakukan sistem belajar di rumah, pasca isu virus Corona terus merebak di Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarbaru M Aswan, mengatakan pihaknya masih belum meliburkan sekolah dan belum menerapkan sistem belajar di rumah.

"Jadi masih belajar seperti biasanya. Namun, untuk kontak fisik mulai saat ini harus dikurangi. Termasuk kegiatan bersalam-salaman antara guru dan murid," katanya, Selasa, (17/3).

Meski begitu, pihaknya sudah melakukan persiapan dengan menyiapkan pola pembelajaran, jika ke depannya memang proses belajar harus diliburkan di sekolah.

Dinkes Banjarmasin Sebut masih ada 12 ODP Suspect Corona, 22 Orang Dinyatakan Sehat

VIDEO Kantor Pajak Martapura Tutup Tangkal Corona, Ini Saluran Layanan Alternatifnya

Beda Hasil Tes Urine Bibi Ardiansyah & Vanessa Angel, Vannesa Diperbolehkan Pulang oleh Polisi

Nikita Mirzani Donasi Rp 100 Juta untuk Penanggulangan Virus Corona, Ini Kata Sohib Billy Syahputra

"Untuk meliburkan sekolah di Banjarbaru, memang keputusan yang sulit karena anak-anak yang akan dirugikan. Namun, jika memang ada pasien yang positif terjangkit virus corona di Kalsel. Tentunya, langkah ini harus diambil," lanjutnya.

Pihaknya sudah menyiapkan sistem daring atau proses belajar melalui sistem komunikasi telepon. Sistem daring ini akan melibatkan komunikasi antara wali kelas dan orang tua siswa.

Nantinya, bila memang diberlakukan belajar di rumah, Wali kelas akan mengirim tugas apa yang dikerjakan melalui via telepon. Dikirim kepada orang tua siswa.

"Orang tua siswa akan memberitaukan anaknya untuk mengerjakan tugas itu. Tentu ini juga sekaligus pengawasan," ujarnya.

Ditekankannya, jika memang nanti sekolah akan diliburkan, tidak ada yang namanya siswa libur atau bebas jalan-jalan. Mereka harus stand by sejak pagi di rumah untuk mengerjakan tugas.

Penerapan pembelajaran dengan sistem daring ini, akan diberlakukan kepada siswa SD dan SMP yang ada di Kota Banjarbaru. Tentunya Disdik Kota Banjarbaru juga akan terus mengkaji metode pembelajaran ini agar efektif nantinya.

"Kami akan terus melakukan persiapannya. Jadi, nantinya siap, bila sekolah-sekolah di liburkan karena merebaknya virus corona," tegasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Banjarbaru Nadjmi Adhani telah mengarahkan seluruh jajaran SKPD di lingkungan Pemko Banjarbaru, instansi vertical, Polres Banjarbaru, Kodim 1006 Mtp, BIN, Angkasa Pura, KKP Banjarmasin dan berbagai pimpinan lembaga lainnya untuk siap melakukan penanganan virus corona di Kota Banjarbaru.

Nadjmi juga memberi intruksi kepada Dinas Pendidikan untuk mengkomunikasikan kepada seluruh jajaran di bawahnya dan kepada institusi pendidikan, bahwa proses belajar-mengajar di sekolah tetap berjalan seperti biasa. Namun, tetap harus mengurangi kontak fisik.

Jadwal Liga Champions yang Live SCTV Kena Imbas Virus Corona, Format Baru Saat Wabah Covid-19

Virus Corona Merebak, Permintaan Sarang Burung Walet di Kalteng Melonjak, 1 Kg Capai Rp 11 Juta

Pastikan Tidak Terpapar Corona, Seluruh Pemain Barito Putera Diperiksa, Djanur Akui Terkait Yunan

"Kontak fisik mulai saat ini harus dikurangi. Termasuk kegiatan bersalam-salaman antara guru dan murid," kata Nadjmi saat memimpin rakor pada Senin, (16/3/2020).

Wali Kota Banjarbaru terus menghimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan terus berupaya melindungi diri, keluarga dan lingkungan serta bergandengan tangan, bersama-sama melindungi Banjarbaru agar terhindar dari Covid-19. (banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved