Berita Banjar

VIDEO Cegah Corona Bupati Banjar Larang ASN Bepergian ke Luar Daerah, Wartawan Dicek Suhu

Mencegah masuknya virus corona, Bupati Banjar melarang pejabat atau asn kunker ke luar daerah

 BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pencegahan masuknya wabah virus Corona ke Kabupaten Banjar, dari hasil rapat koordinasi Pemkab Banjar, DPRD Banjar dan lembaga lainnya, diputuskan ASN utamanya pejabat eksekutif, juga anggota DPRD Banjar dilarang melakukan kunker ke luar daerah.

Hal itu ditegaskan Bupati Banjar H Khalilurrahman beberapa saat usai memimpin rakor di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar, Senin (16/3/2020).

Menurutnya, pencegahan wabah Corona masuk di Kabupaten Banjar mesti segera dilakukan dengan upaya terdekat adalah melarang ASN (pejabat) dan juga anggota DPRD Banjar untuk kunker ke luar daerah. Bahkan sejumlah wartawan mengikuti serangkaian tes suhu tubuh dengan alat, satu demi satu wartawan dicek dan hasilnya semua bersuhu normal.

Setelah itu para wartawan cuci tangan dengan hand sanitizer yang dibawa oleh Ketua DPRD Banjar M Rofiqi. Ketua DPRD Banjar M Rofiqi yang mengikuti rapat koordinasi tersebut menegaskan jika Bupati sudah memutuskan bahwa pejabat ASN dilarang ke luar daerah selama dua hingga tiga minggu ke depan.

Akhirnya Konser Ayu Ting Ting Ditunda Imbas Wabah Virus Corona, Senasib Tur Dewa 19 & Dul Jaelani

Agnez Mo Juga Terdampak Virus Corona yang Kian Menyebar, Keluarganya Larang sang Diva Lakukan Ini

VIDEO: Pesan Pasien Sembuh Virus Corona untuk Warga Indonesia, Bagikan Cerita Terjangkit Covid-19

BREAKING NEWS: Mulai Besok SD, SMP & PAUD di Banjarmasin Diliburkan, Antisipasi Virus Corona

" Memang pejabat ASN yang kerap melakukan kunker ke luar daerah. Mencegah pejabat bisa tertular virus, maka kebijakan tersebut diambil. Kami pun mengikuti, sehingga dalam waktu segera jadwal kunker ke luar daerah juga akan kami revisi," katanya.

Rofiqi dari Gerindra yang kala jumpa pers didampingi Heru Pribadi (PKB) menambahkan, dirinya bahkan sempat menelepon bupati mengusulkan agar sekolah pun diliburkan. Namun, langkah realistis ialah mengimbau masyarakat untuk tidak bepergian keluar daerah jika tidak terlalu penting.

"Selain itu, untuk pencegahan, Dinkes Banjar dan rumah sakit supaya menyiapkan peralatan pendiagnosa virus Corona, supaya pasien suspect Corona bisa segera tertangani dengan cepat dan tidak meluas penyebarannya.

"Corona menjangkiti melalui bekas batuk atau bersin, dan gejalanya seperti flu biasa. Langkah termudah pencegahan ialah mengurangi kontak di keramaian, dan rajin mencucui tangan dengan sabun maupun hand sanitizer," imbaunya. (banjarmasinpost.co.id/ niakurniawan) #cegahcorona #ceksuhu #covid-19
 

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved