Berita Kotabaru

VIDEO Rute Penerbangan Baru Segera Dibuka - Tujuan Kotabaru, Surabaya dan Balikpapan

Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam, Stagen Kotabaru akan menambah rute penebangan baru Tujuan Kotabaru, Surabaya dan Balikpapan

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Tingginya animo masyarakat terhadap kebutuhan moda transportasi udara khususnya, karena letak geografis Kabupaten Kotabaru terpisah dengan daratan kalimantan.

Memudahkan transportasi yang efektif dan cepat, Pemerintah Daerah rencana akan menambah rute penerbangan baru.

Penerbangan baru rute Kotabaru-Surabaya PP kemudian Kotabaru- Balikpapan PP oleh Maskapai TransNusa, minggu lalu dilakukan audensi antara Pemerintah Daerah dengan pihak TransNusa di Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam, Stagen Kotabaru.

Hal itu dikemukakan Kepala Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam Ferdinan Nurdin, Selasa (17/3/2029) di ruang kerjanya. Menurut dia, rute penerbangan baru akan dilayani TransNusa adalah jenis pesawat ATR.

VIDEO Pemkab Hulu Sungai Selatan Tak Liburkan Sekolah

Ketangkap Polres Banjarbaru, Hantu Kuntilanak Ini Pasrah dan Bikin Surat Pernyataan

Update Daftar Selebriti Dunia yang Dinyatakan Positif Corona, Aktor Game of Throne Turut Terinveksi

Pakaian Dewi Perssik Saat Latihan Tari Tiang Disorot, Juri LIDA 2020 Itu Tutupi Ini Pakai Stiker

Namun menurut Ferdinan, rute penerbangan baru ini adalah kerja sama Pemerintah Daerah dengan TransNusa, bukan pihak TransNusa dengan swasta.

Berdasarkan data-data disampaikan secara resmi ke Kementerian Perhubungan dan Pemerintah Daerah serta hasil audensi  Pemerintah Daerah dengan para Pelaku Usaha/bisnis, travel agent dan ekspedisi serta data2 dr SKPD terkait demand untuk barang dan kargo dr dan/atau ke Kotabaru.

"Karena bahwasanya ketika kami, pihak bandara menyebar kuesioner dengan dua kali yaitu diawal dan diakhir 2019 serta mendengar dan melihat deman dr para calon penumpang dan pelaku usaha. Dari hasil tersebut responden menyatakan demand itu ada, untuk penumpang dan kargo ke Surabaya dan Balikpapan. Data itulah disampaikan ke Pusat dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan Pemerintah Daerah," jelas Ferdinan.

Menurut Ferdinan tujuan diadakan rute penerbangan, jelas memberikan pelayanan kepada masyarakat Kotabaru. Sebagai pilihan moda transportasi udara.

Lanjut Ferdinan, rute penerbangan di Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam saat ini hanya dilayani Wings Air tujuan Kotabaru-Banjarmasin dan Makasar.

"Dan, kami pihak bandara sangat siap. Jam operasional Bandara pun sangat siap. Pokoknya kalau bicara persiapan mulai peralatan, utilitas, fasilitas dan prosedure sudah siap. Termasuk sumber daya manusia (SDM)," terangnya.

Wisata Laburan di Kabupaten Tabalong Resmi Dibuka, Ini Tarif dan Wahananya

Kondisi 5 Pasien Terduga Suspect Covid-19 di RSUD Ulin Banjarmasin Terus Membaik

Meski Mahal, Antrean Pembeli Masker dan Cairan Antiseptik di Banjarmasin Tetap Mengular

Kepala Dinas Perhubungan Kotabaru Sugian Noor mengakui, di Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam, Stagen akan dibuka penerbangan baru tujuan Kotabaru-Surabaya dan Kotabaru-Balikpapan.

Menurut Sugian rute penerbangan baru akam dilayani maskapai dari pihak TransNusa, sekarang proses sudah berjalan. Terlebih terkait propek akan dibukanya rute penerbangan baru.

Sugian meminta kepada pihak TransNusa tetap konsisten dan memahami karakteristik penumpang khusus Kotabaru. (banjarmasinpost.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved