Berita Banjarbaru

VIDEO Bawaslu Banjarbaru Sosialisasikan Penyelesaian Sengketa Pemilihan 2020

Bawaslu Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar sosialisasi penyelesaian sengketa pemilihan tahun 2020 di Fave Hotel Banjarbaru

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Bawaslu Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan (Kalsel), menggelar sosialisasi penyelesaian sengketa pemilihan tahun 2020 di Fave Hotel Banjarbaru, Rabu (18/3/2020).

Kegiatan sosialisasi ini diikuti  peserta dari berbagai kalangan.

Mulai dari para pimpinan partai politik di Kota Banjarbaru, perwakilan KPU Banjarbaru, Kesbangpol Banjarbaru, perwakilan calon independen hingga sejumlah insan pers di Kota Banjarbaru.

Narasumber pertama, Koordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kalsel, Aries Mardiono, menyampaikan kewenangan penyelenggaraan pemilu dalam penyelesaian sengketa antara peserta pemilihan dengan penyelenggara pemilihan.

Menurutnya, kewenangan pengawas pemilu (Bawaslu) selain pengawasan pecegahan penangangan pelanggaran, juga ada penyelesaian sengketa.

VIDEO Meteran Air Pelanggan PDAM Bandarmasih Banjarmasin Dicuri Maling, Sebulan 32 Meteran Hilang

Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo Ikut Jalani Tes Urine Bersama 62 Anggota.

VIDEO Suasana di Dua Sekolah Ini, Guru Bekerja Seperti Biasa dan Beri Tugas untuk Murid

BREAKING NEWS - China Umumkan Obat Virus Corona, Ternyata Obat Flu dari Jepang, Ini Mereknya

 

Jadi penyelesaian sengketa menjadi alat bagi warga negara yang mencari keadilan.

Tapi, terbatas pada pasangan calon atau bakal pasangan calon yang dalam hal ini merasa dirugikan ketika terbitnya SK acara KPU, yang di TMS kan, atau kerugian lain.

"Pasangan calon yang dirugikan bisa memohon ke Bawaslu untuk menilai apakah berita acara tersebut sudah sesuai atau tidak," katanya.

Mekanismenya, dalam proses penyelesaian sengketa itu akan dinilai melalui proses musyawarah yang dilaksanakan secara terbuka.

Mempertemukan para pihak, termasuk yang dirugikan.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved