Berita Hulu Sungai Selatan

Produk Perajin Bisa Dibeli di Rumah Oleh-oleh Dekranasda Kabupaten Hulu Sungai Selatan

Pada saat berada di Kabupaten Kandangan, Kalsel, Anda beli oleh-oleh untuk teman atau kerabat, kunjungi saja Rumah Oleh-oleh Dekranasda

BANJARMASINPOST.CO.ID/HANANI
Rumah oleh-oleh Dekranasda Hulu Sungai Selatan yang menjual produk-produk perajin daerah termasuk hasil karya warga binaan Rumah Tahanan Kandangan, Rabu (18/3/2020). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pada saat berada di Kabupaten Kandangan, Kalsel, Anda beli oleh-oleh untuk teman atau kerabat, kunjungi saja Rumah Oleh-oleh Dekranasda di  Jalan Tibung Raya, Kota Kandangan.

Selain barang-barang hasil kerajinan tangan, juga ada aneka makanan olahan yang sudah dikemas secara menarik.

Ada barang kerajinan dari Loksado yang menampilkan anyaman khas Dayak Meratus, butah, bakul serta tas yang unik dan ekslusif.

Juga, miniatur rumah Banjar, tugu ketupat yang terbuat dari bambu.

Sedangkan dari kecamatan Daha yang meliputi Daha Selatan, Daha Utara dan Daha Barat, barang kerajinan gerabah dalam bentuk buah-buahan jumbo, patung kucing serta kerajinan berbahan logam dan besi, yaitu Mandau (senjata khas Kalimantan).

Petugas Pemko Banjarbaru Lakukan Penyemprotan Cairan Disinfektan di Tempat Pelayanan Masyarakat

Diduga Nyamun Datang dari Penampungan Karet, Ini Pesan Sekda Tanahlaut H Dahnial Kifli

Lapangan Futsal Outdoor Pelaihari Ini Tergenang Saat Turun Hujan

Niat Qadha Puasa Ganti Puasa Ramadhan dan Doa Buka Puasanya Dalam Bahasa Arab, Latin dan Artinya

“Jadi produk-produk kerajinan yang ditampilkan ini, sesuai potensi yang dimiliki masing-masing kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM HSS, Hendro Martono,  didampingi Kabid PerindustrianSyamsuddin, Rabu (18/3/2020).

Untuk kerajinan dari Kandangan, ada aneka produk berbahan eceng gondok berupa tas dengan model kekinian. Tak ketinggalan, dodol Kandangan, yang pengemasannya kini sudah mengikuti zaman.

Adapula karya seni lainnya seperti bunga, gantungan kunci.

Sedangkan produk dari Kecamatan Telaga Langsat, kebanyakan berupa makanan olahan kemasan, sirup kayu manis, sirup kuini dan kasturi, asinan tomat yang mirip kurma (disebut kurma tomat).

“Semua perajin digandeng Dekranasda HSS untuk bekerja sama mempromosikan produk-produknya,” ungkap Hendro yang juga Ketua Harian Dekranasda HSS.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved