Kriminalitas Banjarmasin

VIDEO Polda Kalsel Bongkar Jaringan Penjualan Satwa Dilindungi, Kucing Kuwuk hingga Kuskus Selatan

Penjualan satwa dilindungi dibongkar oleh jajaran Subdit IV Tindak Pidana Tertentu Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Kalimantan Selatan

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Penjualan satwa dilindungi dibongkar oleh jajaran Subdit IV Tindak Pidana Tertentu Direktorat Reserse dan Kriminal Khusus Polda Kalimantan Selatan, Selasa (17/3/2020) siang.

Dalam giat ini petugas menemukan 17 ekor anak kucing kuwuk, binatang Kuskus Selatan.

Untuk melihat satwa dilindungi ini anggota Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalsel yang dipimpin langsung Kepala BKSDA Mahrus Ariandi pun datang ke Ditreskrimsus , Rabu (18/3/2020) sore.

Dimana satwa dilindungi ini dibawa langsung ke BKSDA untuk diberikan perawatan secepatnya untuk selanjutnya jika pulih akan dilepasliarkan oleh petugas.

Lahir di Huwan Lalu Menyebar ke 150 Negara, Virus Corona Ternyata Bukan Rekayasa Genetika, Buktinya?

Penumpang Protes, Suhu Tubuh Tak Dicek saat Tiba, Ternyata Ada Alat Baru di Bandara Syamsuddin Noor

FOTO-FOTO Penampakan Kota Mekkah disaat Corona Mewabah, Sopir Taksi Nangis Gara-gara Jalanan Sepi

VIDEO Viral dan Sempat Bikin Heboh, Begini Kondisi Terkini Rumah Abu Nawas di Batola

Keterangan diperoleh, hewan dilindungi ini ditemukan sebuah rumah di Jalan Sulawesi RT016 RWOO2, Kelurahan Pasar Lama, Kecamatan Banjarmasin Tengah pada Selasa (17/3) sekitar pukul 12:30 Wita.

Di sini petugas ke lokasi dan menemukan puluhan satwa dilindungi yakni 17 ekor kucing luwuk, satu ekos kuskus Selatan dan 1 ekor burung kangkareng hitam.

Dari penyidikan petugas mengamankan M Rizki dan Asrani atau Aas yang diduga sebagai orang yang mengirimkan dan mengatur penjualan satwa di lundungi tersebut.

Direktur Reserse dan Kriminal Khusus Polda Kalsel Kombes M Masrur didampingi Kasubdit IV Tipidter AKBP Endang Agustina dan Kompol Khairul Basyar, Rabu (18/3) sore mengatakan pihaknya sebenarnya telah beberapa kali mengungkap kasus satwa dillindungi.

"Ini sekitar keempat kalinya. Dimana dari lidik anggota di lapangan kita temukan satwa diluindungi yakni kucing kuwuk 17 ekor, satu kuskus selatan, dan satu burung kangkareng hitam," paparnya mengatakan dua tersangka telah pihaknya amankan.

Dari keduanya pihaknya jerat pasal pasal 40 Ayat (2) Jo Pasal 21 Ayat (2) huruf (a) UU RI No 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya Jo Pasal 55 KUHPidana Terpisah Kepala BKSDA Kalsel Mahrus Ariandi mengapresiasi temukan pihak Polda Kalsel yang menbemukan satwa dilindungi ini.

"Kondisinya ada yang sehat dan ada yang sakit, kita berharap setelah ini proses pemeriksaan hewan, jika memungkinkan dalam beberapa hari ini kondisi sehat tentunya akan kita lepas liarkan," paparnya.(Banjarmasinpost.co.id /Irfani)

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved