Berita Banjarmasin

Cegah Premanisme, Polda kalsel Sosialisasi Tukang Parkir hingga Wakar Tiga Pasar di Banjarmasin

Cegah Premanisme, Polda kalsel Sosialisasi Tukang Parkir hingga Wakar Tiga Pasar di Banjarmasin

banjarmasinpost.co.id/jumadi
Cegah Premanisme, Polda kalsel Sosialisasi Tukang Parkir hingga Wakar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN-Sebanyak 100 warga yang memiliki pekerjaan di sekitar Pasar Sudimampir, Malabar maupun Pasar Ujung Murung, Kecamatan Banjarmasin Tengah Kota Banjarmasin berhadir di los Pasar Malabar lantai tiga, Jumat (20/3/2020) sore.

Para keamanan pasar, penjaga parkir, buruh angkut, pengelola maupun penjaga malam (para wakar), di tiga wilayah pusat pasar tertua di Banjarmasin mengikuti sosialisasi anti premanisme.

Acara ini dihadiri oleh Kasubdit Intel Polda Kalsel, AKBP Asep Hidayat, Kadis Perdagangan dan Perindustrian Pemko Banjarmasin, H Norhidayat, UPT Kepala Dinas Pasar Kota Banjarmasin.

Kerawanan gangguan Kamtibmas di lingkungan pasar menjadi perhatian Kepolisian Daerah Kalsel yang secara khusus menggelar sosialisasi tentang pemeliharaan keamanan dan ketertiban di wilayah pasar dengan sejumlah warga di lingkungan Pasar Kota Banjarmasin.

Sindiran Keras Robby Purba Saat Ningsih Tinampi Sesumbar Masukkan Virus Corona ke Tubuhnya

Berita Duka Datang dari Daus Mini, Orang Paling Dicintainya Meninggal Dunia

Bukannya Mendukung, Anggota DPRD Blora Malah Emosi & Tolak Cek Kesehatan Corona Sepulang dari Kunker

Akhirnya Spekulasi Virus Corona dari Wuhan Rekayasa Genetika Terjawab, Peneliti Beberkan Ini

Kasubdit Intel Polda Kalsel, AKBP Asep Hidayat, selaku pelaksana kegiatan menjelaskan bahwa beberapa ancaman gangguan Kamtibmas yang masih terjadi di lingkungan Pasar Sudimampir, Pasar Ujung Murung, Pasar Harum Manis dan sekitarnya, diantaranya aksi premanisme, pencurian, penipuan serta dugaan prostitusi terselubung.

Sehubungan dengan hal tersebut Polda Kalsel mengajak warga masyarakat, khususnya di sekitar lingkungan pasar untuk bersama-sama meningkatkan kewaspadaan terhadap aksi tersebut.

Tujuannya guna mengeliminir dan mempersempit ruang gerak dan pelaku premanisme dan kejahatan lainnya.

Asep Hidayat juga mengimbau kepada seluruh pedagang di beberapa pasar tersebut, agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di lingkungan pasar.

Sehingga dapat menciptakan lingkungan yang aman baik antara pedagang maupun pembeli yang ingin berbelanja, sehingga pembeli dapat merasa nyaman.

Kegiatan Sosialisasi Anti Premanisme tersebut cukup antusias diikuti warga masyarakat sekitar pasar yang terdiri dari pedagang, juru parkir, buruh angkut, petugas keamanan pasar (Wakar) dan lain-lain yang berjumlah sekitar 100 orang.

Salah satu perwakilan dari UPT Dinas Pengelola Pasar Kota Banjarmasin menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Polda Kalsel ini

Selain menciptakan situasi Kamtibmas yang aman di lingkungan pasar dan sekitarnya, dapat menjalin hubungan tali silaturahmi antara aparat keamanan dengan warga masyarakat di lingkungan pasar.

Pihaknya berharap pasca dilakukan kegiatan tersebut untuk seluruh lapisan warga pasar dapat turut serta secara bersama-sama menjaga selalu kondisi kondusif di lingkungan pasar guna menciptakan situasi aman dan nyaman, sehingga berdampak pada naiknya daya beli masyarakat yang berdampak pada surplusnya pertumbuhan ekonomi Kota Banjarmasin.

Penampakan Kuburan untuk Korban Meninggal Virus Corona di DKI Jakarta, Disini 2 Lokasinya

Ini 2 Obat Ampuh Sembuhkan Virus Corona Resap Jokowi, Presiden: Pemerintah Siapkan Jutaan Butir

Respon Keras Mantan Istri Sirajuddin Mahmud, Imel Putri Disinggung Sakit Hati, Terkait Zaskia Gotik?

Sementara itu Idehan, salah satu tokoh keamanan Pasar Ujung Murung, mengaku cukup simpatik terhdap pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan oleh Polda Kalsel tersebut.

Karena program kegiatan tersebut dianggap cukup efektif dalam mencegah aksi premanisme di lingkungan pasar. Program tersebut dinilai cukup memberikan atensi dan perhatian terhadap para warga masyarakat sekitar pasar untuk turut bersama-sama secara kolaboratif dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan nyaman, dan pihaknya menghimbau agar tidak lupa menjaga kebersihan pasar untuk menciptakan lingkungan yang sehat. (banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved