Bumi Sanggam

Dinas Pertanian Gencarkan Sosialisasi Penggunaan OTP untuk Sawah di Balangan

Dinas Pertanian Gencarkan Sosialisasi Penggunaan OTP untuk Sawah di Balangan

Pemkab Balangan
Bupati Balangan, Ansharuddin terjun langsung ke sawah untuk penyemprotan pengendalian OPT 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Dinas Pertanian Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan gencar melakukan sosialisasi kegiatan Asuransi Usaha Tanam Padi (AUTP).

Hal itu dalam rangka gerakan pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) padi dan deklarasi gerakan tani milenial, di Desa Munjung, Kecamatan Batumandi, Kamis (19/3/2020) kemaren.

Bupati Balangan Ansharuddin terjun langsung bersama masyarakat kelompok tani, dalam melakukan penyemprotan pengendalian OPT.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan ini sebagai upaya pemerintah untuk membasmi hama wereng coklat, terhadap produktivitas padi.

“Mudah-mudahan dengan sosialisasi ini, hama wereng coklat bisa mati. Artinya tidak ada lagi di lahan petani di Desa Munjung, khususnya di Kabupaten Balangan,” ucapnya.

Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Balangan, pimpinan wilayah berjuluk Bumi Sanggam ini mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, yang telah memfasilitasi petani dengan memberikan obat untuk pencegahan hama tersebut.

Perwakilan Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalimantan Selatan, Muhammad Fauzi Noor menyampaikan, dengan bantuan yang telah diberikan, petani dapat merespon cepat dalam hal penanganan penyebaran hama di area persawahan.

“Kami harapkan secepatnya petani menangani masalah pengendalian dan pemberian pestisida. Kami siap membantu,”ucap Fauzi.

Kepala Desa Munjung, Abdurrahim juga mengucapkan terima kasih kepada pihak kabupaten, provinsi, dan perusahaan, yang ikut serta membantu dalam kelancaran pertumbuhan padi demi mendapatkan hasil panen yang berkualitas.

“Kami mengucapkan terima kasih mewakili seluruh masyarakat Desa Munjung, dalam hal ini kelompok tani Munjung Sari 1 sampai 4, dengan harapan mudah-mudahan masyarakat lebih bijak dalam peranan sebagai petani yang baik dan juga dalam pengelolaan obat-obatan,” harap Abdurrahim.

Abdurrahim mengatakan, setelah adanya bantuan ini, diharapkan produktivitas petani lebih meningkat hingga tahun berikutnya.

Pada kegiatan ini, Bupati Balangan juga menyerahkan Demontration Plot (Demplot) suatu metode penyuluhan pertanian swadaya sekaligus mengukuhkan kelompok tani milenial di Kabupaten Balangan.(aol)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved