Berita Tapin

Pencegahan Penyebaran Corona, PN Rantau Siasati Sidang dengan Cara ini

Pencegahan Penyebaran Corona, PN Rantau Siasati Sidang dengan Cara ini

humas rutan rantau
Warga binaan Rutan Rantau antusias mengikuti silaturrahmi Pemerintah Kabupaten Tapin dalam peringatan Isra Miraj di Aula Pengayoman Rutan Rantau, Sabtu (21_3_2020) 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Pelayanan publik di Pengadilan Negeri Rantau menggunakan standar protokol kesehatan penanganan wabah Covid-19 sesuai edaran Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia, bernomor 1 Tahun 2020.

Itu dikatakan Humas Pengadilan Negeri Rantau, Indra Kusuma Haryanto dikonfirmasi reporter Banjarmasinpost.co.id, Jumat (20/3/2020).

Tak hanya itu, pria yang akrab disapa Indra ini mengaku jajaran Pengadilan Negeri Rantau menerapkan surat edaran Menteri Kesehatan Republik Indonesia tentang Protokol Isolasi Diri Sendiri Dalam Penanganan Covid-19.

"Hakim bisa mensiasati penundaan sidang juga kok dengan jeda lebih dari seminggu dengan maksud lebih menghindari virus tersebut," kata pria yang mengambil studi S3 di Universitas Brawijaya di Malang, Jawa Timur.

Menurut Indra, Pengadilan Negeri Rantau sejak Januari 2020 sudah menetapkan sidang elektronik untuk perkara perdata karena sebagian besar prosesnya sudah berbasis online.

Status Kalsel Naik Jadi Tanggap Darurat, Warga Kalteng dan Kaltim Wajib di Screening Virus Corona

Update 10 Negara dengan Kasus Virus Corona Terbanyak di Dunia (21/3), Bagaimana Indonesia?

Pengakuan Cita Citata Ditawari Mobil Harga Rp 5 Miliar untuk Lakukan Ini, Respon Kekasih Roy Geurts?

Untuk pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) tetap jalan dengan aturan yang berlaku, misal khusus pengguna layanan PTSP tetap masuk di ruang PTSP dan pengunjung sidang masuk lewat pintu samping.

"Dengan tidak mengurangi HAM. Dan untuk pengunjung sudah disediakan hand sanitizer di setiap sudut ruangan untuk pencegahan," katanya.

Terpisah, Humas Kejaksaan Negeri Tapin, Alfano Arif Hartoko mengatakan kegiatan sidang perkara pidana yang ditangani jaksa penuntut di Pengadilan Negeri Rantau sesuai jadwal.

"Sulit kalau ada perubahan jadwal sidang. Sebab masa penahanan para terdakwa ada batas waktunya. Tetap saja sidang penuntutan berlangsung seperti biasa di Pengadilan Negeri Rantau. Pencegahan Covid-19 rajin cuci tangan dan jaga kesehatan," kata pria yang menjabat Kasi Intelejen Kejaksaan Negeri Tapin.

Sementara, Humas Rutan Klas IIB Rantau, Wahyudi mengatakan setiap pekan itu, ada saja tahanan titipan jaksa dijemput di Rutan Rantau.

"Senin sampai Kamis biasanya ada tahanan titipan keluar Rutan Rantau. Selama ada surat permintaan jaksa dan itu sah. Kami keluarkan untuk menjalani sidang perkara pidananya," katanya.

(Banjarmasinpost.co.id/ tar)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved