Berita Tanahlaut

Ini Lima Desa Berciri Khas di Tanahlaut, Ada Desa Handil Babirik yang Tiap Warganya Punya Kasturi

Ini lima desa berciri khas di Kabupaten Tanahlaut. Diantaranya Handil Babirik yang warganya berternak itik dan juga memiliki tanaman kasturi

banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Bupati Tanahlaut, Sukamta menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran di Desa Bati-Bati, Kecamatan Bati-Bati, Tanahlaut, Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Lima desa di Kabupaten Tanahlaut ini patut menjadi contoh bagi desa-desa lainnya. Kelima desa ini, dinilai memiliki ciri khas sendiri yang menggambarkan karakteristik desa tersebut bahkan mampu mendukung kehidupan perekonomian warganya.

Kepala Dinas PMD Kabupaten Tanahlaut, Gatot Subagio mengatakankepada Banjarmasinpost.co.id Minggu (22/3/2020) mengatakan, desa berciri khas yaitu desa yang memiliki karakteristik khusus yang dapat ditinjau dari aspek sosial budaya, masyarakat desa setempat masih mempertahan tradisi turun temurun dalam kehidupan sosial dan budaya.

Sementara pada asfek geografi tergantung dari potensi alam tempat tinggal masyarakat desa. Kebanyakan masih menggantungkan hidup dengan kondisi alam setempat sesuai potensi alamnya, misalnya daerah pesisir yang rata-rata adalah nelayan. Sedangkan warga yang hidup dipinggiran hutan akan mengandalkan potensi hutan setempat utk bertahan hidup.

Sementara dari aspek SDM yaitu masyarakat desa setempat memiliki keterampilan khusus sebagai mata pencaharian yang mana mereka hidup dari industri kerajinan atau desa pengrajin dan rata-rata biasanya bersifat homogen.

Alasan Tak Terduga Anji Manji Unfollow Ria Ricis, Eks Vokalis Drive Dicecar Fans

Beda Tabiat Febby Rastanty & Natasha Wilona Diungkap Adik Verrell Bramasta, Ini Kata Athalla Naufal

Warga Kalsel Positif Corona Pasien RSUD Ulin, Berikut Indentitas dan Perjalannya Sebelum Terjangkit

Kalsel Tanggap Darurat, Pemkab Balangan Instruksikan Libur Sekolah dan Kucurkan Dana untuk ini

"Jadi desa berciri khas sesuai karateristik desa masing-masing tersebut dengan potensi yanh ada perlu digali, pertahankan dan dikembangkan untuk kesejahteran masyarakat desa setempat dan sekaligus pelestarian alam dapat terjaga dengan baik," jelasnya.

Lima desa berciri khas tersendiri bebernya yakni Desa Bukit Mulia Kecamatan Kintap, Desa Asam-asam Kecamatan Jorong, Desa Telaga Langsat Kecamatan Takisung, Desa Tajau Pecah Kecamatan Batu Ampar, Desa Handil Babirik Kecamatan Bumi Makmur.

Desa Bukit Mulia memiliki ciri khas dengan keragaman gotong royong NKRI Nusantara karena di Desa ada berbagai macam status multi kultural namun bisa bersatu.

Sedangkan Desa Asam-asam dikenal dengan masyarakat yang mayoritas pengrajin atap daun Nipah.

Desa Telaga Langsat dikenal dengan sentral madu kalulut yang sudah dikenal secara nasional dan setiap tahun ada even tahunan berupa festival ramadhan yang selalu diagendakan setiap tahun.

Sementara Desa Tajau Pecah dikenal dengan keragamannya adat budaya Bali mulai dari Ogoh Ogoh dan calon arang yang selalu diselenggarakan tiap tahun. Bahkan sudah ada sertifikatnya untuk calon arang hanya ada di Pelaihari untuk Kalimantan Selatan.

Sedangkan Desa Handil Babirik memiliki masyarakat yang mayoritas beternak itik dengan jumlahnya mengalahkan jumlah manusianya. Selain itu dari ternak itik tersebut menghasilkan telur dalam jumlah besar.

Tak hanya itu dari segi kekayaan alam Desa Handil Babirik memiliki warga yang hampir setiap rumahnya memiliki pohon langka yang ada hanya di Kalimantan yaitu pohon Kasturi.

BREAKING NEWS - Seorang Warga Kalsel Positif Corona, Gubernur Kalsel Sebut 1 dari 5 Pasien PDP

Anak Sule & Lina Datangi Rumah Teddy, Putri Delina Perlihatkan Kondisi Adik Tiri Rizky Febian

Satu Orang Positif Corona, ODP Kalsel Melonjak ke 362 per Pukul 10.00 Wita Pagi

Bupati Tanahlaut, H Sukamta berpesan kepada kepala desa agar bisa membantu kinerja masyarakat, supaya bisa lebih maju sehingga penggunaan dana desa pun bisa menjadi lebih mudah. Harapannya nanti dana desa bisa untuk pertumbuhan ekonomi rakyat.

“Saya harapkan desa tetap semangat dalam membangun desa, apa yang membuat kita jadi mempunyai harga diri adalah dedikasi kita untuk rakyat, dan ini tidak semua orang bisa melakukannya,” ujar Sukamta.
(banjarmasinpost.co.id/milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved