Breaking News:

Berita Banjarmasin

KPU Tunda Empat Tahapan Pemilihan Serentak 2020 akibat Pandemi Corona, yang Terdampak Penundaan ini

KPU Tunda Empat Tahapan Pemilihan Serentak 2020 akibat Pandemi Corona, yang Terdampak Penundaan ini

Penulis: Achmad Maudhody | Editor: Eka Dinayanti
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Komisioner Kordiv Teknis Penyelenggaraan KPU Kalsel, Hatmiati 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pandemi virus Covid-19 yang sudah ditetapkan menjadi bencana nasional di Indonesia mempengaruhi berbagai hal tak terkecuali tahapan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan penundaan beberapa tahapan Pilkada 2020 terkait upaya pencegahan dan menekan potensi penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Menurut Komisioner KPU Provinsi Kalsel Koodinator Divisi Teknis Penyelenggaraan, Hatmiati, tepatnya ada empat tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 yang ditunda.

Yaitu tahapan pelantikan dan masa kerja PPS, verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, pembentukan PPDP dan pelaksanaan pencocokan penelitian (Coklit) serta tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Dijelaskan Hatmiati, penundaan tersebut didasari dua hal, yaitu Keputusan KPU Nomor 179 Tahun 2020 dan Surat Edaran KPU Nomor 8 Tahun 2020.

BREAKING NEWS - Seorang Warga Kalsel Positif Corona, Gubernur Kalsel Sebut 1 dari 5 Pasien PDP

Virus Corona Merebak di Kalsel, Pembelian Makanan Lewat Go-food Meningkat 40 Persen

Viral Tisu Alkohol atau Alcohol Swab Efektif Antisipasi Virus Corona (Covid-19), Ini Penjelasan Ahli

Dimana dalam Surat Edaran tersebut dijelaskan tujuan penundaan adalah untuk mencegah dan meminimalisasi penyebaran serta mengurangi resiko Covid-19 khususnya di lingkungan jajaran KPU hingga Kabupaten/Kota dan masyarakat luas di Indonesia pada umumnya dalam tahapan pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Walikota dan Wakil Walikota.

Tahapan yang paling dekat terdampak penundaan ini yaitu pada tahapan pelantikan PPS.

Menurut Hatmiati, mayoritas pelantikan PPS di Kabupaten/Kota penyelenggara pemilihan di Kalsel akan ditunda oleh KPU Kabupaten/Kota masing-masing.

Dari 13 Kabupaten/Kota penyelenggara pemilihan di Kalsel, hanya 3 KPU Kabupaten/Kota yang sudah menggelar pelantikan PPS, yaitu Kabupaten Balangan, Kabupaten Banjar dan Kabupaten Hulu Sungai Utara.

Sedangkan pelantikan PPS di 10 Kabupaten/Kota lainnya akan ditunda.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved