Berita Kotabaru

VIDEO Amar Gelar Dagangan Pasar Tani di Siringlaut Kotabaru, Bisa Habiskan 95 Ekor Ayam

Amar gelar dagangan seminggu sekali di Pasar Tani Siringlaut Kotabaru, bisa habiskan 95 ekor ayam

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pasar tani digelar Dinas Pertanian di kawasan Siringlaut. Pasar tani digelar setiap hari minggu, ternyata sangat membantu mendongkrak perekonomian para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Selain tersedia produk kerajian dan industri rumahan dijual pelaku UMKM. Juga beberapa komoditi lain di antaranya seperti sayur-sayuran dan ayam potong, ternyata mendapat respon positif konsumen.

Amar, selain peternak yang juga pelaku UMKM mengatakan, dengan digelar pasar petani seminggu sekali sangat membantunya mendongrak usaha dilakukan secara mandiri.

Sebagai peternak ayam mandiri, Amar mengaku terkadang kesulitan memasarkan atau menjual ayam potong. Namun setelah adanya kerja sama dinas melalui pasar tani. Selain sebagai peternak, ia bisa langsung menjual produk ke konsumen.

Tim Gugus Tugas Perketat Pintu Masuk Kalsel Pasca 1 Positif Corona, Bangun Posko di Perbatasan

Yunan Helmi Bagikan Video saat Diisolasi di RSUD Ulin, Begini Kondisi Asisten Pelatih Barito Putera

Anak Sule & Lina Datangi Rumah Teddy, Putri Delina Perlihatkan Kondisi Adik Tiri Rizky Febian

Beda Tabiat Febby Rastanty & Natasha Wilona Diungkap Adik Verrell Bramasta, Ini Kata Athalla Naufal

"Memasarkan ayam tidak melalui perantara, tapi langsung ke konsumen," ucap Amar kepada banjarmasinpost.co.id, Minggu (22/3/2020).

Dengan pelaku usaha menjual langsung ke konsumen, harga relatif sangat terjangkau. Namun tidak jauh di bawah dari harga pasaran. Selain tetap bisa memberikan kualitas daging ayam yang bagus.

"Tanggapan masyarakat juga sangat bagus. Dan, mereka sangat suka dengan adanya kegiatan seperti ini. Dalam seminggu, dihari itu ayam terjual 95 ekor ," ucapnya.

Amar pun berangapan respon dari semua pihak, menjadi peluang khususnya bagi pelaku usaha dalam mengembangkan bisnis tersebut.

"Jadi bukan saja sebagai peternak atau petani. Di sini kami juga belajar menjadi seorang marketing/jual barang," jelas Amar.

Kepala Dinas Pertanian Kotabaru Hairuddin mengatakan, pasar tani digelar seminggu sekali adalah kegiatan ketiga kalinya diharapkan bisa terus berlanjut.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved