Berita Banjarmasin

1 Warga Positif Corona Membuat Polresta Banjarmasin Bertindak Tegas, Bubarkan Pengunjung Cafe

1 Warga Positif Corona Membuat Polresta Banjarmasin Bertindak Tegas, Bubarkan Pengunjung Cafe

Banjarmasinpost.co.id/Jumadi
Petugas Polresta Banjarmasin menggencarkan razia disemua cafe yang ada di Banjarmasin, Minggu (22/3/2020) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tak ingin korban Virus Corona bertambah di Banjarmasin, jajaran Polresta Banjarmasin bergerak cepat dengan menggencarkan razia disemua cafe yang ada di Banjarmasin, Minggu (22/3/2020) malam, hingga menjelang Senin (23/3/2020) dinihari.

Kegiatan ini bukan melakukan menangkap pelaku tindak pidana, akan tetapi mendatangi tempat-tempat berkumpulnya anak muda atau remaja, di sejumlah cafe yang ada di wilayah Kota Banjarmasin.

Kegiatan ini dipimpin langsung Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Rachmat Hendrawan. Petugas meminta kepada para pemilik cafe untuk menutup tempat usahanya tersebut selama 14 hari ke depan, hingga ada intruksi lanjutan dari pemerintah.

Sementara itu Wakapolresta, AKBP Sabana Atmojo menyampaikan bahwa hal tersebut dilakukan guna memutus mata rantai penyebaran Virus Corona di tengah masyarakat.

Yunan Helmi Bagikan Video saat Diisolasi di RSUD Ulin, Begini Kondisi Asisten Pelatih Barito Putera

VIDEO Kabupaten Banjar Tercatat Ada 38 ODP Virus Corona, Gubernur Kalsel Perintahkan Ini

VIDEO Satgas Covid-19 Semprot Gedung Serbaguna di Kabupaten Tapin, Diacara Perkawinan Ada Sabun

VIDEO Menengok Malioboronya Banjarbaru, Jalan Karang Anyar Bakal Dijadikan Pusat Kuliner

Polisi melakukan razia sebagai bentuk pelaksanaan kebijakan pemerintah, yaitu Wali Kota Banjarmasin dan maklumat Kapolri yang meminta kepada tempat hiburan untuk tutup sementara.

Jajarannya jugai ingin memastikan agar masyarakat lebih banyak di rumah, ketimbang berada di keramaian.

Jika sebelumnya jajaran ini hanya melakukan imbauan, kali ini mereka bertindak lebih tegas dengan meminta mereka untuk pulang.

Dalam kegiagatn ini melibatkan semua fungsi, seperti seluruh Kasat jajaran Polresta Banjarmasin dan sebagian polsek-polsek yang ada di Banjarmasin.

Seperti disampaikan Kapolri, Jenderal Pol Idham Azis memastikan pihaknya akan menindak seluruh kegiatan masyarakat yang menyebabkan berkumpulnya massa dalam jumlah besar.

Tindakan ini juga berlaku bagi anggota Polri yang mengadakan kegiatan yang memungkinkan terjadinya pengumpulan massa.

Hal itu tertuang dalam Maklumat Kapolri nomor Mak/2/III/2020 tentang Kepatuhan terhadap Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Penyebaran Virus Corona ( Covid-19).

"Bahwa apabila ditemukan perbuatan yang bertentangan dengan maklumat ini, maka setiap anggota Polri wajib melakukan tindakan kepolisian yang diperlukan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku," demikian pernyataan Idham seperti tercantum dalam maklumat yang dilansir Kompas.com, Minggu (22/3/2020).

Adapun tindakan pengumpulan massa itu terdiri atas lima hal, antara lain, pertemuan sosial, budaya, keagamaan dan aliran kepercayaan dalam bentuk seminar, lokakarya, sarasehan dan kegiatan lainnya yang sejenis.

Kegiatan konser musik, pekan raya, festival, bazar, pasar malam, pameran dan resepsi keluarga.
Kegiatan olahraga, kesenian, dan jasa hiburan serta unjuk rasa, pawai dan karnaval.

Dalam maklumat tersebut, Idham juga meminta masyarakat tetap tenang dan tidak panik serta lebih meningkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing. (banjarmasinpost.co.id/jumadi)

Penulis: Jumadi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved