Berita Kalteng

KPU Kalteng Tunda Tahapan Pilkada, Cegah Penyebaran Covid-19 di Kalteng

KPU Kalteng memutuskan menunda tahapan pilkada Kalteng sebagai upaya untuk pencegahan tersebarnya virus corona

KPU Kalteng Tunda Tahapan Pilkada, Cegah Penyebaran Covid-19 di Kalteng
banjarmasin post group/ faturahman
Ketua KPU Kalteng, Hermain Ibrohim 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah, mengumumkan penundaan tahapan-tahapan Pilkada di Bumi Tambun Bungai sebagai tindak lanjut dari upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang kini masuk ke Kalteng.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim, melalui Keputusan Komisi Pemilihan Umum Nomor 179/PL/02-Kpts/01/KPU/III/2020 serta surat edaran KPU Nomor 8 Tahun 2020 yang melakukan langkah – langka pencegahan untuk meminimalisir penyebaran Covid-19 di lingkungan KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, penyelenggaran adhoc serta masyarakat Kalimantan Tengah umumnya.

Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim, melalui pres rilisnya, yang diterima, Senin (23/3/2020) menyebutkan, KPU Kalimantan Tengah Tengah telah melaksanakan kordinasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Provinsi Kalimantan Tengah dan Bawaslu Kalimantan Tengah Tanggal 22 Maret 2020.

Dalam rangka pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota secara serentak pada tanggal 23 September 2020, KPU Provinsi Kalimantan Tengah telah menetapkan Keputusan : 16/PL.02.Kpt/02/Prov/III/2020 tentang Penundaan Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Tahun 2020 dalam Upaya Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Klinik Hewan Martapura Tetap Buka, Namun Jam Layanan Dikurangi hanya Sampai ini

VIDEO Mengaku Jenuh di Rumah, Sejumlah Pelajar di Sampit Pilih Nonton Balap Motor

Seramnya Wajah Ashanty Saat Isolasi Diri Disinggung Anang, Ayah Aurel Lakukan Ini Cegah Virus Corona

Permintaan Tolong Syahrini dan Reino Barack Kala Virus Corona Makin Menyebar di Indonesia

Penundaan sebagaimana dimaksud pada keputusan di atas meliputi beberapa Tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Tahun 2020 yaitu, Pelantikan PPS tanggal 22 Maret 2020 dan Masa Kerja Panitia Pemungutan Suara, 23 Maret s.d 23 November 2020.

Dengan ketentuan, dalam hal PPS sudah dilantik masa kerjanya ditunda dan akan dinonaktifkan;
dalam hal PPS belum dilantik pelaksanaanya akan ditentukan lebih lanjut dan akan dinonaktifkan.

Pembentukan PPDP: 26 Maret 2020 s.d 15 April 2020, dengan Masa Kerja PPDP: 16 April 2020 s.d 17 Mei 2020; di tunda Pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yang terdiri dari Penyusunan daftar pemilih oleh KPU Kabupaten/Kota dan penyampaian kepada PPS tanggal 23 Maret 2020 s.d 17 April 2020; Pencocokan dan penelitian tanggal 18 April 2020 s.d 17 Mei 2020.

Keempat, bagi KPU Kabupaten Kotawaringin Timur yang melaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur Tahun 2020, untuk tahapan verifikasi syarat dukungan calon perseorangan tanggal 26 Maret 2020 s.d 28 Mei 2020 pelaksanaannya ditunda

Tahapan tersebut meliputi, penyampaian dukungan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati dari KPU Kabupaten ke PPS verifikasi faktual di tingkat Desa/Kelurahan rekapitulasi dukungan di tingkat kecamatan
rekapitulasi dukungan di tingkat Kabupaten pemberitahuan hasil rekapitulasi dukungan Bakal Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Penyerahan syarat dukungan perbaikan kepada KPU Kabupaten pengecekan jumlah dukungan dan sebaran hasil perbaikan verfikasi administrasi dan kegandaan dokumen dukungan perbaikan penyampaian syarat dukungan hasil perbaikan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati.

Verifikasi faktual perbaikan di tingkat Desa/Kelurahan rekapitulasi Dukungan hasil perbaikan di tingkat Kecamatan rekapitulasi Dukungan hasil perbaikan di tingkat Kabupaten/Kota KPU Provinsi Kalimantan Tengah.

VIDEO Tim Gugus Tugas penanganan Covid 19 Banjarmasin Kerahkan 30 Armada Pada Penyemprotan

Tokoh Kalsel Bahas Corona di Citra Graha Banjarbaru, Sepakat Batasi Kegiatan Peribadatan

Tekan Potensi Penyebaran Corona, DPRD Kalsel Batalkan Rapat Paripurna dan Jadwal ini

"Kami berharap dengan penundaan tahapan ini, pencegahan penyebaran Covid-19 serta penanganannya berhasil dengan baik, dan meminta kepada seluruh jajaran KPU sampai Penyelenggara Badan Ad Hoc di Provinsi Kalimantan Tengah untuk mengikuti anjuran pemerintah terkait penanganan Covid-19," ujarnya.

Dia mengatakan, sambil terus berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing semoga Tuhan yang maha kuasa menjauhkan kita dari ancaman Covid-19, sehingga tahapan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 dapat berjalan dengan baik. (banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved