Berita Banjarmasin

VIDEO Pengrajin di Kuin Selatan Banjarmasin Mampu Bikin 60 Celengan Kaleng Bekas, Segini Harganya

Di tengah ramainya persoalan sampah di tanah air, tentu sudah seharusnya memaksa masyarakat pun saat ini dituntut untuk lebih kreatif.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Di tengah ramainya persoalan sampah di tanah air, tentu sudah seharusnya memaksa masyarakat pun saat ini dituntut untuk lebih kreatif.

Terutama dalam mengelola limbah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis, hal itu pula yang digeluti seorang warga RT 10 Kuin Selatan Kecamatan Banjarmasin Barat, Kalsel.

Ya, meski keriput kulit tangan dan uban memutih di kepalanya tak bisa membohongi, bahwa usia As'ad tidak muda lagi. Namun dalam hal kreatifitas warga Kuin Selatan ini cukup mumpuni.

As'ad sangat pandai dalam membuat celengan uang. Lebih-lebih yang menarik lagi dari hasil tangan yang dibuatnya itu bukanlah dari bahan baku yang baru atau mewah.

Melainkan pria yang telah berusia 71 tahun tersebut membuatnya hanya memanfaatkan beberapa kaleng bekas, baik dari oli, minyak cat, kue, susu dan lainnya.

Yunan Helmi Bagikan Video saat Diisolasi di RSUD Ulin, Begini Kondisi Asisten Pelatih Barito Putera

Bersama Kita Cegah Corona

VIDEO Satu Pasien Dalam Pengawasan di RSUD Ulin Dikabarkan Positif, Ini Harapan Paman Birin

Proses pembuatannya singkat dan mudah. Bagi As'ad untuk membuat satu celengan uang itu rata-rata ia hanya membutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit.

Terpenting langkah awal yang dilakukan ketika ingin mengolah celengan tersebut, Kaleng menurutnya harus dipastikan dalam keadaan bersih.

" Bisa menggunakan air atau lap. Ini tujuannya agar saat sesudah membentuk celengan nanti, Kaleng pun tidak mudah berkarat dan mengotori uang," jelasnya.

Kedua, potonglah salah satu bagian permukaan kaleng dengan rapi dan hati-hati. Sedangkan untuk menggantikan penutup yang telah dipotong tadi siapkan lempengan kaleng yang lain.

" Nah, pada proses pembuat penutup ini pun sama, kita harus memotongnya dengan rapi dan hati-hati sesuai permukaan Kaleng yang telah dipotong tadi," jelasnya.

Halaman
123
Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved