Berita Nasional

17 Produk Rumah Tangga yang Efektif Jadi Desinfektan Virus Corona, Simak Juga 11 Bahan Ini

Sebanyak 17 produk rumah tangga dinilai efektif sebagai desinfektan menghadapi Virus Corona atau Covid-19. Produk itu mengandung 11 bahan.

17 Produk Rumah Tangga yang Efektif Jadi Desinfektan Virus Corona, Simak Juga 11 Bahan Ini
humas dprd kalsel
Aksi penyemprotan desinfektan dan sterilisasi Masjid Raya Sabilal Muhtadin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Sebanyak 17 produk rumah tangga dinilai efektif sebagai desinfektan menghadapi Virus Corona atau Covid-19. Produk itu mengandung 11 bahan.

Satu kunci kunci dalam pencegahan penyebaran virus adalah desinfektan. Banyak informasi mengenai bahan aktif dan produk rumah tangga untuk disinfeksi Virus Corona (SARS-CoV-2) penyebab Covid-19.

Namun, informasi terkait produk yang bisa jadi desinfektan Virus Corona tersebut kerap simpang siur bahkan ada yang hoax.

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) merilis daftar sementara bahan aktif dan produk rumah tangga untuk disinfeksi virus corona penyebab Covid-19.

Peringatan Detri Warmanto pada Suami Olla Ramlan Soal Virus Corona, Terjadi Usai Ditelpon Aufar

Imbas Pandemi Virus Corona, Cicilan Ditangguhkan 1 Tahun & Penurunan Bunga, Jokowi Ungkap Syaratnya

Fatwa MUI Soal Penanganan Jenazah Korban Virus Corona Diminta Dikeluarkan, Ini Kata Maruf Amin

Virus corona merupakan virus yang memiliki selubung atau sampul (enveloped virus) dengan pelindung lapisan lemak.

“Disinfektan dapat merusak lapisan lemak tersebut sehingga membuat virus corona cukup lemah dibandingkan dengan norovirus yang merupakan virus tanpa selubung dan virus lainnya yang memiliki cangkang protein yang lebih kuat,” tutur Kepala Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Ajeng Arum Sari, dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (24/3/2020).

Peneliti Loka Penelitian Teknologi Bersih LIPI, Chandra Risdian mengungkapkan banyak produk rumah tangga umum mengandung konsentrasi bahan aktif yang sesuai untuk disinfeksi.

Menurutnya, bahan aktif dan konsentrasi efektifnya telah terbukti efektif melawan virus corona berdasarkan studi literatur.

“Selain penggunaan agen pembersih, perawatan lain yang efektif terhadap virus corona adalah dengan metode pemberian uap dan perlakuan panas,” tutur Chandra.

Berdasarkan informasi yang diterima dari The Robert Koch Institute (RKI) Jerman, Chandra menjelaskan bahwa jika produk disinfektan yang aktif terhadap virus corona tidak tersedia, produk disinfektan lain yang setidaknya memiliki aktivitas virucidal terhadap virus berselimut (enveloped virus) juga dapat digunakan.

Halaman
1234
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved