BPost Cetak

Bersama Melawan Covid-19

Kasus Covid-19 saat ini mirip dengan film thriller Contagion tahun 2011 yang disutradarai oleh Steven Soderbergh.

Bersama Melawan Covid-19
foto dari Liling untuk BPost
Liling Triyasmono, Dosen Farmasi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) 

Oleh: Liling Triyasmono Wuerzburg Jerman, Dosen Prodi Farmasi, FMIPA ULM

BANJARMASINPOT.CO.ID - Kasus Covid-19 saat ini mirip dengan film thriller Contagion tahun 2011 yang disutradarai oleh Steven Soderbergh.

Film ini dibintagi oleh Marion Cotillard, Bryan Cranston, Matt Damon, Laurence Fishburne, Jude Law, Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, dan Jennifer Ehle.

Alur cerita Contagion adalah penyebaran sebuah virus berbahaya dan upaya dari para peneliti medis dan petugas kesehatan untuk mengidentifikasi penyakit tersebut, serta pada akhirnya pengenalan vaksin untuk menghentikan penyebarannya yang mana film ini juga diilhami oleh kasus virus edemi SARS tahun 2003 dan Pandemi flu pada tahun 2009.

Ulasan tentang Covid-19 sudah begitu banyak. Gejala Covid-19 yang dilaporkan saat ini diberbagai negara secara umum adalah demam, batuk dan gangguan pernapasan. Tipe gejala ini memiliki karakteristik yang cukup bervariasi.

Video TikTok Nia Ramadhani Seolah Tanpa Celana Bikin Heboh, Lihat Penampilan Istri Ardi Bakrie Itu

Muka Pucat Ashanty Saat Karantina Diri Cegah Virus Corona Diungkap, Anang Sebut Ibu Aurel Begini

Covid-19 Berukuran 120 Milimeter, dr Handoko Sebut Virus Corona Lihai Menyebar di Udara 8 Jam

Polda Kalsel Sita Uang Rp 1 Miliar, Bekuk Dua Tersangka dan Amankan Sabu 7 Kilogram

Berdasarkan data kasus di Cina yang telah dipublikasikan Wang dkk menunjukkan demam memiliki proporsi 98.6 persen, kelelahan 69.6 persen, batuk kering 59,4 persen. Sedangkan Huang dkk melaporkan 98 persen demam, 76 persen Batuk dan 44 persen kelelahan yang disertai nyeri sendi. Chen dkk melaporkan Demam 83 persen demam, 82 persen batuk, 31% sesak napas.

Negara Kanada melaporkan gejala yang timbul juga sama demam, batuk, kesulitan bernafas dan pneumonia. Pemerintah UK, Australia mempublikasikan gejala yang sama seperti halnya dengan negara yang lain.

Hal ini menunjukkan bahwa gejala infeksi Covid-19 sangat mirip dengan flu dan unspesifik.

Berdasarkan ilmu imonologi menujukkan bahwa gejala yang timbul merupakan perlawanan tubuh terhadap benda asing yang masuk, sehingga bagi masyarakat sangat sulit untuk menentukan apabila mengalami gejala-gejala demikian.

Oleh karenanya langkah antisipatif yang diambil oleh seluruh negara saat ini adalah skrining tes kepada seluruh masyarakat dengan kategori dan protokol utama yaitu orang yang kontak langsung dengan penderita positif Covid-19 dan orang yang baru datang dari daerah dengan resiko tinggi Covid-19.

Halaman
1234
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved