Berita Kotabaru

VIDEO Pemkab Kotabaru Sepakat Liburkan Sekolah dan Hentikan Kegiatan Mengumpulkan Orang Banyak

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru akhirnya mengambil langkah strategis mencegah penyebaran Pandemi Virus Corona (Covid-19)

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotabaru akhirnya mengambil langkah strategis mencegah penyebaran Pandemi Virus Corona (Covid-19). Langkah strategis dikeluarkan Pemerintah Daerah menyetop beberapa kegiatan yang bersifat mengumpul orang banyak.

Langkah strategis upaya pencegahan virus corona yang disepakati dalam rapat koordinasi (Rakor) antara Pemerintah Daerah, Forkopimda, Organisasi Keagamaan, Stakeholder serta pihak-pihak terkait.

Beberapa kesepakatan yang disepakati antara lain, mulai besok (Selasa) 24 Maret hingga 5 April Pemerintah Daerah meliburkan sekolah. Mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP.

Selain kegiatan-kegiatan keagamaan yang sifatnya hanya peringatan ditunda. Kecuali ibadah/salat berjamaah baik di Gereja, Masjid, Pure dan lainnya tetap dilaksanakan.

Hand Sanitizer Langka, Pelajar di SMPN 1 Binuang Tapin Bikin Pembasmi Corona dari Daun Sirih

VIDEO Lagi ! Ditnarkoba Polda Kalsel Gagalkan Peredaran 7 Kilo Sabu, Dua Orang Diamankan

Video TikTok Nia Ramadhani Seolah Tanpa Celana Bikin Heboh, Lihat Penampilan Istri Ardi Bakrie Itu

Pekerjaan Ucok Baba Saat Tak Lagi Main Sinetron Buat Nikita Mirzani Kagum, Ternyata Ini Profesinya

Namun untuk tetap safety, sebelumnya akan dilakukan penyemprotan disinfektan di semua tempat ibadah.

Terpenting, upaya mencegah penyebaran Covid-19, sesuai yang disepakati, pihak keamanan akan melakukan tindakan-tindakan di lapangan. Terkait pula tempat-tempat hiburan malam, penutupan tempat wisata serta pembubaran perkumpulan orang banyak.

Diharapkan masyarakat agar lebih banyak beraktivitas di dalam rumah dari pada membahayakan, terkait Covid-19.

Hal itu diungkap Sekretaris Daerah (Sekda) Kotabaru H Said Akhmad ditemui usai rakor. Dihadiri Kapolres Kotabaru, Dandim 1004, perwakilan Lanal, Ketua DPRD.

"Untuk pelajar yang diliburkan mulai besok, cukup melakukan aktivitas belajar di rumah," ucap Said Akhmad.

Sedangkan aktivitas di pasar tetap seperti biasa, namun terus dilakukan imbauan melalui spanduk. Said tidak menginginkan dengan status tanggap darurat, sementara perekonomian masyarakat lumpuh.

"Sama halnya Siringlaut, tapi dilakukan penyemprotan disinfektan oleh petugas untuk mensterilkan tempat-tempat ekonomi masyarakat," ucap Said Akmad.

Sementara Kapolres Kotabaru AKBP Andi Adnan Syafruddin mengatakan, terkait pencegahan Covid-19 masuk ke Kotabaru. Semua pihak terlebih yang hadir di rakor diminta sepakat, solid dan satu pikiran sama-sama menyalurkan energi untuk kepentingan masyarakat.

VIDEO Satpol PP dan Damkar Kalsel Semprotkan Disinfektan ke Museum sampai Terminal Pal 6 Banjarmasin

VIDEO Empat Pasien PDP di RSUD ULIN Banjarmasin Dipulangkan Karena Negatif Corona

Seramnya Wajah Ashanty Saat Isolasi Diri Disinggung Anang, Ayah Aurel Lakukan Ini Cegah Virus Corona

Jangankan kepentingan ekonomi. Namun efek dari Covid-19 ini, tegas Andi Adnan, nyawa pun bisa direnggut. Maka dari itu, perlu diketahui bersama efek dari Corona dunia sedang mengalami reses ekonomi.

"Bahkan sampai hari ini rupiah terhadap dollar sudah hampir Rp 17 ribu per dollar," terang Andi Adnan. (banjarmasinpost.co.id /helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved