Bumi Sanggam

Badan Pertanahan Nasional Balangan Gelar Penyuluhan PTSL kepada Masyarakat

Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Balangan menggelar Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL)

Badan Pertanahan Nasional Balangan Gelar Penyuluhan PTSL kepada Masyarakat
DISKOMINFO BALANGAN
Puluhan warga di Desa Dahai, Balangan, ikuti penyuluhan PTSL dari Badan Pertanahan Nasional (BPN), Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Balangan menggelar Penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Partisipasi Masyarakat dan World Bank Tahun 2020, di Kantor Desa Dahai, Kecamatan Paringin, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan beberapa hari lalu.

Kepala BPN Balangan, Roni L P Sitanggang, mengucapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Desa Dahai yang mengikuti penyuluhan.

"Target dari kegiatan ini adalah semua bidang tanah terukur dan terdaftar," kata Roni.

Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Balangan, Januar Hapriansyah, mengatakan, inti dari program ini adalah perlindungan hak atas tanah masyarakat.

"Kami berupaya memberikan pemahaman kepada mereka pentingnya perlindungan tanah itu dengan adanya sertifikat hak milik yang diterbitkan Badan Pertanahan Nasional," jelasnya.

Kemudian Kepala Badan Keuangan Daerah Kabupaten Balangan, H. Thamrin yang juga narasumber dalam penyuluhan, mengatakan, keterkaitan BKD dalam hal ini antara lain Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Tamrin berharap dengan adanya PTSL ini, administrasi pertanahan menjadi lebih baik.

Adapun cara Pendaftaran dalam PTSL yakni dengan melengkapi persyaratan sebagai berikut : fotokopi KTP dan KK yang dilegalisasi, Surat Tanah seperti segel asli (fotokopi dan dilegalisasi), Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang Pajak Bumi dan Bangunan (tahun terakhir dan dilegalisasi) serta bukti perolehan tanah (surat jual beli, kuitansi, surat hibah, surat waris dan sebagainya).

Sementara itu, kewajiban yang harus dipenuhi pemilik tanah atau pemohon pensertifikatan tanah melalui program PTSL yaitu memasang tanda batas panah (patok) dan materai 6.000 sebanyak empat lembar. (aol)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved