Berita Banjarbaru

Pemko Banjarbaru Siapkan Anggaran Khusus Tangani Covid-19

Pemko Banjarbaru Siapkan Anggaran Khusus untuk menanggulangi mewabahnya Covid-19

Pemko Banjarbaru Siapkan Anggaran Khusus Tangani Covid-19
banjarmasinpost.co.id/Nurkholis Huda
Kepala BPKAD Banjarbaru, Jainudin. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU-Ancaman penyebaran pandemi Covid-19 di wilayah Kota Banjarbau terus menjadi perhatian serius pemerintah Kota Banjarbaru.

Selain melakukan pencegahan dengan penyemprotan disinfektan, larangan untuk bergerumun dikeramaian juga terus genjar dilakukan oleh Polri dan TNI di Banjarbaru.

Selain itu, dukungan anggaran dana juga telah disiapkan oleh pemerintah Kota Banjarbaru untuk digunakan dalam dalam upaya Pencegahan, Penanganan & Pengendalian (P3) kasus covid-19.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan & Aset Daerah (BPKAD) Kota Banjarbaru, Jainudin mengatakan pihaknya sudah menyiapkan skema anggaran untuk covid-19.

MUI Kalsel Imbau Pengelola Masjid di Kalsel untuk Tidak Menyelenggarakan Salat Jumat

Tiadakan Salat Jumat, PW Muhamadiyah Kalsel Juga Tambahkan Seruan Azan

Kondisi Terkini Andrea Dian Pasca Dinyatakan Positif Corona, Senyum Istri Ganindra Bimo & Tulis Doa

Perut Buncit Gisella Anastasia Disorot Saat Foto Mesra Bareng Wijin, Ini Penampakannya

Dalam penanganan ini, pemerintah pusat dikatakannya sudah mengeluarkan payung hukumnya. Untuk bisa menggunakan dana alokasi khusus (DAK)

Dasar hukumnya sebutnya telah diatur dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan No HK.01.07/Menkes/215/2020 tentang Pemanfaatan DAK Bidang Kesehatan untuk penanganan Covid-19.

"SK ini sudah diterima sejak 20 Maret lalu, kemudian langsung ditindak lanjuti dengan dilakukan rapat dengan dinas teknis, dalam hal ini Dinas Kesehatan dan rumah sakit," katanya, kemarin.

Rapatnya yang sudah dilakukan untuk memetakan anggaran ini. Namun saat disinggung besaran anggarannya, Jainudin menyebutkan masih proses perhitungan.

Sehingga belum bisa menyebutkan nominal kepastian alokasi dana yang digunakan untuk penanganan Covid-19.

Meski begitu, Pihak dinkes dan pihak Rumah Sakit telah mengusulkan kebutuhannya yang akan dimasukkan di DAK, tentunya dengan nilai yang tidak sedikit.

Selain DAK, Jainudin menambahkan bahwa sesuai arahan pemerintah pusat, anggaran darurat penanganan Corona juga bisa bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Insentif Daerah (DID) serta dana tidak terduga.

"Dalam pengelolaan anggaran terkait Covid 18 ini. Kami akan berpegangan pada dasar hukum pemerintah pusat. Termasuk dari Peraturan Menteri Keungan (PMK) yang sudah dirilis pada 16 Maret lalu," ujarnya lagi.

Amalan Sunnah Bulan Syaban Menurut Ustadz Abdul Somad Selain Puasa Sunnah Hingga Nisfu Syaban

VIDEO Sidang Dugaan Korupsi Alkes RSUD Ulin Banjarmasin, Terdakwa Dihadirkan Via Video Conference

Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Catat 20 ODP Baru di Banjarmasin

Dijelaskannya bahwa PMK No 19/PMK.07/2020 tentang penyaluran DBH (Dana Bagi Hasil), DAU, DID Tahun Anggaran 2020 dalam rangka penanggulanfan Covid-19 ini.

"Pada intinya, untuk anggaran kita siapkan dengan menyesuaikan kebutuhannya, di lapangan untuk penanganan covid-19" tambahnya.(banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved