Talenta Talenta Unik Disabilitas Banua

Siswa SLBN 2 Martapura Kabupaten Banjar Eksplorasi Cerita Rakyat Ini pada Karya Paper Toy

Fisik Abdul Halim memang tak sempurna. Namun pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), ini s

Siswa SLBN 2 Martapura Kabupaten Banjar Eksplorasi Cerita Rakyat Ini pada Karya Paper Toy
SRI RAHAYU UNTUK BPOST GROUP SEMRINGAH
Abdul Halim semringah memperlihatkan medali dan karya desain grafisnya bertema Datu Diyang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Fisik Abdul Halim memang tak sempurna. Namun pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), ini sukses mengukir prestasi membanggakan.

Pertengahan Agustus 2019 lalu ia memenangi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2019 tingkat Provinsi Kalsel. Prestasinya itu mengantarkannya sebagai duta Bumi Antasari ke ajang tersebut pada tingkat nasional di Bandarlampung.

Pada ajang FLS2N tingkat Provinsi Kalsel tersebut Halim menjadi juara desain grafis. Anak berkebutuhan khusus (tunarungu) ini membikin paper toy dan poster bertema cerita rakyat.

Sekadar diketahui, paper toy adalah keterampilan membikin desain mainan dari kertas tiga dimensi dengan tema tertentu. "Halim mengangkat tema cerita rakyat Datu Diyang," tutur Ernas Hudayanto, kepala SLBN 2 Martapura.

Luna Maya Bagikan Foto dengan Ariel Noah, BCL dan Gading Marten, Sampaikan Ini ke Sahabat

Masa Puncak & Berakhirnya Virus Corona Terungkap, Ini Kata Peneliti ITB & Ustadz Abdul Somad

Petugas Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Tapin Semprotkan Cairan Disinfektan ke Dua Masjid

Kalselpedia: Profil PT Taspen, Kantor BUMN yang Berada di Banjarmasin

Di Tangan Pelajar SLBN 3 Martapura Kabupaten Banjar Ini, Kertas Bekas Jadi Karya Seni Ciamik

Pada karyanya itu, tampak seorang perempuan cantik (Datu Diyang) sedang mengayuh sampan di perairan luas berlatar panorama alam yang indah berupa hutan lebat yang memagari gunung yang menjulang tinggi.

Pemandangan alam itu terkanvaskan dalam sebuah lukisan hasil desain grafis. Sedangkan sampan dan Datu Diyang tampak 'hidup' berkat sentuhan kertas tiga dimensi.

Ernas menuturkan anak didiknya itu memang memiliki kemampuan menonjol pada bidang desain grafis. Halim juga pernah mengikuti pelatihan desain grafis.

Pelatihan itu membuat Halim tahu tentang dasar-dasar pada aplikasi yg digunakan yaitu photoshop dan corel draw. Di SLBN 2 Martapura penyandang tunarungu ini dibimbing oleh Siti Aminah, guru setempat.

Halim juga rajin dan terus berlatih mengulang-ulang. Selain di rumah, juga tekun berlatih di sekolah seperti membuat poster dan paper toy. (Banjarmasinpost.co.id/Roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Alpri Widianjono
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved