Berita Tapin

Layanan Besuk di Rutan Rantau Disetop, Gantinya Video Call via WhatsApp

Layanan Besuk di Rutan Rantau Disetop, Gantinya Video Call via WhatsApp

Layanan Besuk di Rutan Rantau Disetop, Gantinya Video Call via WhatsApp
humas rutan rantau
Warga Binaan Rutan Rantau diberi fasilitas video call whatsapp berkomunikasi dengan keluarganya selama layanan besuk disetop, Jumat (27_3_2020) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Klas IIB Rantau menghentikan layanan kunjungan bagi warga binaan.

Itu terkait antisipasi pencegahan wabah corona atau Covid-19 sehingga hari dan jam besuk warga binaan disetop untuk sementara.

Sejak kemarin, Kamis (26/3/2020), layanan kunjungan bagi warga binaan di Rutan Rantau diganti dengan layanan video call whatsapp.

Perut Buncit Gisella Anastasia Disorot Saat Foto Mesra Bareng Wijin, Ini Penampakannya

Isolasi Diri, Inul Daratista Singgung Soal Istri Multifungsi, Lakukan Ini Saat Wabah Virus Corona

Tak Kirim Foto Meteran ke WA, Tagihan Listrik April Dihitung Rata-Rata Pemakaian 3 Bulan Terakhir

Pihak Rutan Rantau menyediakan lima unit komputer di Aula Pengayoman Rutan Rantau bagi warga binaan yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya.

Sebelumnya, warga binaan memberikan nomor telepon keluarga untuk didaftarkan dalam aplikasi whatsapp Rutan Rantau.

Secara bergiliran, warga binaan yang ingin berkomunikasi dengan keluarganya melalui whatsApp, setelah mendaftar di loket.

Hari itu, sekitar 30 warga binaan yang menggunakan video call whatsapp berbicara secara bergiliran antara 10 menit hingga 15 menit.

Namun dari waktu yang disediakan pihak Rutan Rantau, warga binaan rata-rata tidk sampai 10 hingga 15 menit sudah menyudahi berkomunikasi dengan keluarganya.

Aidi, staf pelayanan pengunjung warga binaan di Rutan Rantau mengatakan layanan video call whatsApp itu gratis tidak dipungut biaya hingga 31 Maret 2020 nanti.

"Bisa saja diperpanjang layanan itu tergantung keputusan Dirjen Pemasyarakatan. Saat ini kami membatasi layanan kunjungan sehingga alternatifnya melalui video call whatsApp," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Jumat (27/3/2020).

Bagaimana dengan warga binaan yang tidak memiliki android yang ada aplikasi whatsapp, Aidi mengaku komunikasi dapat melalui telepon di Rutan Rantau.

Menurut Aidi, proses persidangan pidana bagi penghuni Rutan Rantau bakal diberlakukan secara online.

Itu setelah ada pembicaraan dengan Kepala Rutan Rantau.

"Informasi sidang pidana akan ditetapkan juga sidang online melalui video conference. Cuma itu masih dibicarakan Kepala Rutan Rantau, Ketua Pengadilan Negeri Rantau dan Kepala Kejaksaan Negeri Tapin," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/ tar)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved