Pilkada Kalsel 2020

Pemerintah Wacanakan Penundaan Pilkada Serentak Imbas Corona, Begini Tanggapan Ketua KPU Banjarmasin

Pemerintah Wacanakan Penundaan Pilkada Serentak Imbas Corona, Begini Tanggapan Ketua KPU Banjarmasin

Banjarmasinpost.co.id/Ahmad Rizki Abdul Gani
Ketua KPU Kota Banjarmasin, Rahmiati Wahdah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN -Saat ini wabah Virus Corona kian meluas di penjuru negeri. Imbasnya pun berakibat penundaan berbagai kegiatan, tidak terkecuali pada persiapan tahapan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 saat ini.

Atas alasan itu pula, muncul kemudian adanya wacana penundaan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020.

Wacana itu juga diperkuat oleh DPR RI yang baru tadi telah mengantongi suara mayoritas fraksi meskipun belum ada keputusan resmi dikeluarkan oleh KPU RI.

" Pertanyaannya, dalam waktu 3 atau 6 bulan ke depan penyebaran virus ini apakah bisa ditangani, bahkan sampai akhir tahun 2021. Menurut saya pilkada harus ditunda daripada tidak jelas tahapannya karena menunggu penanganan Covid-19,” kata Sekretaris Fraksi Partai Gerindra, Desmond Junaidi Mahesa, dikutip dari www.kompas.tv, Jumat (27/3/2020).

UPDATE COVID-19, Pasien Positif Corona Meninggal di Indonesia Bertambah Jadi 102 Orang

Terperangkap di Kampung Halaman saat Pandemi Covid-19, Pesepakbola Spanyol Ini Kini Jadi Apoteker

Kesal Baim Wong Diam-diam Keluar Rumah saat Wabah Corona, Paula Semprot Ayah Kiano Pakai Disinfektan

Rafathar Pakai Alat Pernafasan Saat Virus Corona Mewabah, Raffi Ahmad & Nagita Slavina Ucap Ini

Lantas bagaimana dengan persiapan tahapan pelaksanaan Pilkada di Kota Banjarmasin?

Ketua KPU Banjarmasin Rahmi Wahdah mengaku sampai saat ini memang belum ada menerima instruksi penundaan atas penyelenggaraan Pilkada.

Namun seiring kian masifnya penyebaran Covid-19 sekarang ini, penundaan masih di arahkan pada beberapa pelaksanaan tahapan persiapan penyelenggara Pilkada.

" Iya, menindaklanjuti sesuai arahan pimpinan kami yaitu KPU RI, untuk saat ini masih penundaan beberapa tahapan saja. Sedangkan penundaan pelaksanaan Pilkada, masih belum ada," jelasnya.

Sehingga jika tahapan yang sebelumnya meliputi verifikasi administrasi bakal pasangan calon (bapaslon) telah selesai pihaknya laksanakan.

Namun lantaran situasi saat ini dan menindaklanjuti surat keputusan serta edaran KPU RI, ada beberapa tahapan persiapan yang mengalami penundaan.

Halaman
12
Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved